Gambaran Kekuatan Korea Utara Pada Pertandingan Korea Utara vs Swiss

1. Gambaran Kekuatan Korea Utara Pada Pertandingan Korea Utara vs Swiss 1

Dari ajang International Friendlies 2013 dikabarkan pertandingan Korea Utara vs Swiss akan segera dilaksanakan tanggal 15 November mendatang. Pertandingan ini merupakan pertandingan yang jarang dilihat karena Korea Utara memang kurang berpartisipasi dalam ajang pertandingan internasional, kecuali dalam beberapa penampilannya yang mengejutkan seperti di piala Dunia 2010.

Tim sepak bola Korea Utara tidak boleh dipandang sebelah mata karena tim negara tersebut pernah mengalahkan Italia dan membuat repot tim Brasil dalam laga piala dunia. Bukti yang terbaru yang mengungkapkan kekuatan tim Korea Utara adalah kalahnya Tim Garuda saat bertandang ke Korea Utara untuk uji coba. Tim Garuda dengan kekuatan penuh dipermalukan dengan dua gol tanpa balas oleh salah satu klub bola negara tersebut.

Kekalahan ini menambah rasa kurang percaya diri tim Garuda saat hendak menghadapi China selepas dari Korea Utara. Akan tetapi sebenarnya Skuad Garuda tidak perlu kecil hati karena memang sepak bola Korea Utara lebih kuat karena benar-benar berlatih dengan giat dan tak kenal ampun. Itu hanya klub lokal yang mengalahkan Indonesia, bukan timnas Korea Utara yang di FIFA diakui bernama Korea DPR.

Timnas Korea Utara berada dibawah naungan DPR Korea Football Association dan prestasi mereka tidak dapat dianggap remeh karena pernah membuat kejutan di beberapa Piala Dunia. Kejutan dan timnas Piala Dunia Korea Utara terjadi pada perhelatan Piala Dunia tahun 1966. Saat itu Korea Utara berhasil melaju sampai babak perempat final. Kejutan kedua terjadi pada Piala Dunia 2006.

Pada Piala Dunia 2006, Korea Utara membuat kericuhan karena suporternya membuat rusuh lapangan setelah wasit tidak memberikan hadiah tendangan pinalti saat salah satu pemain Korea Utara dilanggar di kotak pinalti. Kerusuhan ini berlanjut dengan lemparan botol dan batu kepada wasit dan official iran. Buntut dari kerusuhan ini adalah Korea Utara tidak lolos kualifikasi Piala Dunia 2006. Ini harus diwaspadi pemain Swiss pada laga Korea Utara vs Swiss esok.

Sejarah berulang dan Korea Utara kembali muncul di Piala Dunia 2010. Di Piala Dunia ini Korea Utara berada di Grup G bersama Brazil. Kemampuan sepakbola pemain Korea Utara cukup merepotkan Brazil dengan pertahanan yang sangat terkordinasi dan semangat bermain yang tinggi. Namun akhirnya Brazil berhasil mengalahkan Korea Utara dengan skor 2-1 walau disertai dengan usaha yang sangat keras.

Pada babak selanjutnya, Korea Utara dikalahkan 0-7 oleh Portugal pada grup yang sama. Namun kali ini Portugal cukup beruntung karena setelah gol mereka yang pertama pertahanan Korea Utara jebol. Inilah  yang harus diwaspadai oleh Swiss saat pertandingan Korea Utara vs Swiss pada International Friendlies 2013 nanti. Walau hanya pertandingan persahabatan namun harus tetap diwaspadai kekuatan Korea Utara ini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>