Menarik! Sejarah Sepatu Bola

1.Menarik Sejarah Sepatu Bola2

Sepatu bola memang terkesan sangat biasa dan cendrung tidak menjadi pusat perhatian. Ketika kita menonton bola, hal yang menjadi pusat perhatian tentu saja adalah para pemain bola dan permainan yang sedang berlangusng. Jarang ada orang yang secara rinci memperhatikan sepatu bola. Namun, tahukah anda bahwa sepatu bola yang dulunya pernah digunakan oleh para legendaris sepak bola itu memiliki nilai sejarah sepatu dunia yang sangat tinggi?

Tentu berbeda rasanya jika kita mengenakan sepatu bola yang biasa kita gunakan main sehari-hari dengan sepatu bola yang pernah dikenakan oleh Lionel Messi. Kita seakan-akan mampu melakukan berbagai gerakan serta tak tik menendang bola yang dilakukan oleh sang legenda sepak bola. Hal ini tentunya juga berlaku pada pemain sepak bola lainnya yang menjadi idola, seperti Christiano Ronaldo, David Beckham, Ronaldhino, dan masih banyak lagi.

Sejarah munculnya sepatu pertama kali dalam peradaaban manusia dimulai dari Luciana Boccard. Dia menjelaskan bahwa manusia sebenarnya sudah memiliki sepatu yang terbuat dari kulit sejah seribu tahun sebelum Masehi. Sementara itu, sepatu sepak bola juga tidak luput dari kajian Boccard. Menurutnya, sepatu sepak bola sudah dikenal mulai dari raja Henry III sekitar tahun 1525. Sepatu pertama yang digunakan adalah sepatu bola yang terbuat dari kulit yang keras. Sepatu ini memiliki tinggi yang sama di atas mata kaki. Sementara itu, beratnya saja jauh lebih berat dari sepatu yang kita kenakan sekarang.

1.Menarik Sejarah Sepatu Bola1

Semenjak sepatu bola pertama kali dikenakan, muncul berbagai perkembangan sejarah sepatu dunia lainnya, seperti di Jerman pada tahun 1920 an muncul jenis sepatu bola yang terbaru. Pelopornya adalah Dasler bersaudara. Kedua bersaudara ini membangun Gebruder Dasler Schuhfabrik yang didirikan pada tahun 1924. Perusahaan ini menawarkan teknologi pembuatan sepatu bola modern pertama di dunia. Dengan teknologi cleat, sepatu bola diproduksi dan didesain sedemikian rupa hingga mirip seperti halnya sepatu bola yang kita gunakan saat ini. sepatu bola dari Jerman ini memiliki 6 hingga 7 mata yang posisinya bisa dipindah-pindah.

Setelah sepatu bola modern dari Jerman, pada tahun 1930 an, menurut sejarah sepatu dunia, muncul satu lagi variasi sepatu bola yang baru. Namun, sayangnya model sepatu bola yang baru ini memiliki kelemahan. Saat dikenakan untuk bertanding, sepatu bola harus sering-sering diganti tali sepatunya karena pembuatannya memerlukan proses rendam-jemur yang berulang-ulang sehingga membuat sepatu menjadi lebih mudah rusak, khususnya di bagian tali.

Setelah itu, pada tahun 1950-an, muncul pemikiran untuk mengurangi bobot sepatu. Pemikiran ini muncul karena pada mulanya, sepatu terlalu berat untuk dikenakan saat bermain sepak bola. Setelah itu, pada tahun 1970am, muncul sepatu bola dengan warna hitam yang menjadi ciri khas dan termasuk terobosan yang memanfaatkan sepatu dari kulit kangguru.

sepaatu bola

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>