Secara Dramatis 10 Pemain Ajax Berhasil Tumbangkan Barcelona

Netherlands Soccer Champions League

Pertandingan matchday kelima di Grup H Liga Champions antara Ajax Amstersdam dan Barcelona berakhir secara dramatis ketika 10 pemain Ajax berhasil menumbangkan tim kuat Barcelona. Dalam pertandingan yang digelar di Amsterdam Arena, Rabu, 27 November 2013 tersebut, Ajax Amsterdam berhasil mengatasi perlawanan Barcelona dan keluar sebagai pemenang meski harus bermain dengan 10 orang sejak menit 48 menyusul kartu merah yang didapat Joel Veltman. Dua gol Ajax dilesakkan oleh Thulani Serero dan Danny Hoesen sementara gol untuk Barcelona sendiri dicetak oleh Xavi melalui titik putih. Meskipun kalah dalam pertandingan ini, Barcelona tetap memimpin klasemen sementara di Grup H dengan mengoleksi 10 poin, dua angka lebih banyak dari AC Milan yang bertengger di posisi kedua sementara Ajax sendiri berada di posisi ketiga dengan 7 poin.

Bermain sebagai tuan rumah, Ajax tampil dengan kepercayaan diri tinggi sejak menit awal dan skuad asuhan Frank de Boer tersebut bahkan mampu membuat peluang terlebih dahulu ketika laga berusia 10 menit. Peluang tersebut berawal dari aksi Davy Klaassen yang dengan jeli melepaskan umpan silang ke kotak penalty Barcelona dari sisi kanan lapangan. Viktor Fischer kemudian menyambut umpan tersebut namun sayang, sepakannya masih berhasil ditepis dengan cukup baik oleh kipper Barca, Jose Pinto. Empat menit berselang, Barcelona berusaha membalas lewat Neymar namun sayang, sepakan Neymar dari dalam kotak penalty masih belum membuahkan gol setelah bek Ajax mampu dengan cukup baik memblok sepakan dari Neymar tersebut.

Pada menit ke-19, pendukung tuan rumah akhirnya bersorak setelah Thulani Sorero sukses menyarangkan bola ke gawang Pinto setelah memanfaatkan umpan dari Ricardo van Rhijn. Gol berawal dari aksi Ricardo van Rhijn yang melepaskan umpan dari sisi kanan lapangan yang kemudian disambut oleh Sorero dengan sepakan keras yang masuk ke pojok sebelah kiri gawang yang dikawal Pinto. Tanpa Lionel Messi, serangan Barcelona menjadi terlihat kurang tajam dan hal tersebut terbukti berpengaruh pada seluruh tim karena pada akhirnya, Barcelona harus takluk dari 10 pemain Ajax. Terbukti beberapa kali peluang yang didapatkan oleh Neymar dan kawan-kawan berhasil dipatahkan dengan baik oleh barisan belakang Ajax Amsterdam yang bermain dengan cukup disiplin sepanjang laga.

Bahkan, Ajax mampu memperbesar keunggulan empat menit sebelum turun minum lewat gol dari Danny Hoesen. Gol berawal dari sepakan keras Fischer yang berhasil ditepis oleh Pinto namun sayangnya, bola tepisan Pinto terjatuh di kaki Hoesen yang kemudian dengan tenang berhasil mengecoh Gerard Pique serta Carles Puyol sebelum akhirnya melepaskan tendangan yang membawa Ajax sementara unggul 2-0. Namun sayangnya, selepas turun minum, Ajax terpaksa harus bermain dengan 10 orang setelah Joel Veltman mendapatkan kartu merah karena melanggar Neymar di kotak penalti pada menit 48. Xavi yang bertugas menjadi algojo pun tidak menyia-nyiakan kesempatan dan berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2.

Setelah berhasil memperkecil kedudukan, Barcelona terus berupaya untuk mengejar ketertinggalan sampai menit-menit akhir pertandingan. Tiga menit sebelum pertandingan berakhir, Neymar mendapat peluang namun sepakannya dari dalam kotak penalti masih berhasil diamankan oleh kipper Ajax, Jasper Cillessen dan kedudukan 2-1 pun bertahan sampai wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan usai. Menurut catatan UEFA, dalam pertandingan tersebut, Barcelona melakukan penguasaan bola sebanyak 59 persen serta melepaskan 8 tembakan akurat dari 10 usaha. Sementara itu, 10 pemain Ajax berhasil mendapatkan enam peluang emas dari total sembilan percobaan dan berhasil melesakkan dua gol ke gawang Barcelona.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>