Stadion Nyleneh di Seluruh Dunia

5. Stadion Nyleneh di Seluruh Dunia 1

Jika Anda adalah seorang  pecinta olahraga tentunya Anda akan sering berada didalam stadion dan menikmati setiap pertandingan yang dilangsungkan. Pernahkan Anda melihat sekitar Anda saat berada di dalam stadion dan menyadari bahwa bentuk dari setiap stadion yang Anda kunjungi hanya begitu-begitu saja, kalau tidakoval yang bundar bentuknya. Pernahkah Anda melihat suatu stadion nyleneh yang bentuknya aneh bagi Anda dan unik? Kalau di Indonesia mungkin Anda tidak akan pernah menjumpai stadion aneh seperti itu namun jika Anda berkeliling ke seluruh dunia, ada banyak stadion unik yang mungkin Anda dapati.

Berikut ini ada beberapa stadion unik yang layak Anda ketahui yang dikumpulkan dari seluruh belahan dunia. Stadion-stadion ini dibangun tidak dengan gaya arsitek yang biasa namun mempergunakan imaginasi  yang sungguh luar biasa. Stadion aneh dan nyleneh yang pertama adalah stadion di Jepang yang berubah menjadi perumahan. Stadion yang mengalami nasib aneh dan diubah menjadi perumahan inia dalah Osaka Stadion di kota Naniwa-ku, Osaka Jepang.

Stadion Osaka ini dulunya diperuntukkan bagi tempat latihan dan bertanding bisbol klub Hawk Nankai namun kemudian ditinggalkan pada tahun 1988 karena klub tersebut pindah ke Stadion Heiwadai. Setelah pindah, stadion tersebut dipergunakan sebagai lokasi perumahan sampel showground oleh pemerintah dan kemudian pada  tahun 1998 stadion ini dihancurkan. Kini lokasi stadion telah berubah menjadi sebuah pusat perbelanjaan yang sangat modern.

 

Stadion nyleneh kedua adalah sebuah stadion yang dibangun tanpa mempergunakan beton sama sekali. Eco –Stadion ini dibangun di sebuah kota bernama Cuibita di negara Brasil. Stadion yang aneh dan lucu ini sangat terkenal karena merupakan stadion ramah lingkungan yang pertama di dunia. Pasalnya, stadion ini dibangun tanpa mempergunakan beton sama sekali dan hanya memanfaatkan kemiringan bukit untuk membuat kursi tribun yang ramah lingkungan. Kursi-kursi hanya diletakkan begitu saja di punggung bukit yang sudah dipapasd engan kemiringan tertentu.

Stadion dari batu yang ada di Braga, Portugal mungkin adalah stadion unik dan nyleneh berikutnya. Braga Municipal Stadium ini dibuat dengan memangkas bukit batu yang dulunya merupakan sebuah tambang. Sisi satu dibatasi dengan dinding batu sementara sisi lain langsung menghadap kota dengan kanopi yang bergaya klasik yang diperkuat dengan senar baja. Desain kanopi ini terinspirasi sebuah jembatan Inca Kuno dan dibangun untuk Euro 2004 sehingga stadion ini sangat indah.

Stadion nyleneh berikutnya adalah stadion yang terapung diatas laut yang berada di kota Vagur, kepulauan Faroe. stadion ini mampu menampung 3000 orang dan mempunyai petugas yang bertugas mengambil bola yang terjatuh ke air. Selanjutnya adalah sebuah stadion miring Defy yang dibuat pada punggung sebuah bukit yangmiring. Lapangan ini dibuat untuk menjadi arena bermain sepakbola namun kelihatanya para pemain juga harus bermain melawan gravitasi.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>