Tragedi Sepakbola Tragis Dunia

3. Tragedi Sepakbola Tragis Dunia 1

Sepakbola adalah permainan yang indah, mengasyikkan, penuh tantangan, uang dan persaingan. Namun dibalik segala hal positif dunia persepakbolaan ada banyak tragedi yang terjadi di balik hiruk pikuk pertandingan tersebut. Ada banyak tragedi sepakbola paling tragis yang tersorot oleh media luas namun lebih banyak lagi yang tidak terekspose kedunia luar. Jika Anda menyadari, belum lama ini adalah hari peringatan tragedi sepakbola tragis yang terjadi pada pertandingan Piala Champions.

Tragedi yang diperingati tersebut adalah tragedi yang terjadi 27 tahun yang lalu di Eropa saat perhelatan Piala Champions. Saat itu pertandingan antara Liverpool melawan Juventus berakhir dengan sangat tragis ketika suporter asal Inggris berbuat rusuh dan terjadi kejar kejaran antar suporter dan mengakibatkan bagian atas stadion runtuh dan menewaskan 39 orang pendukung Juventus dan lebih dari 600 orang cedera. Akhirnya pihak yang harus bertanggung jawab adalah pendukung Liverpool karena mereka yang terbukti menyerang kubu lawan terlebih dahulu.

Karena insiden tragis ini UEFA menjatuhkan sangsi kepada seluruh klub Inggris dan melarang mereka tampil di liga tingkat Eropa selama lima tahun. Sangsi itu hanya untuk tragedi sepakbola yang terjadi di Inggris sementara masih banyak tragedi sepakbola tragis yang lainnya yang juga terjadi di Inggris, sebut saja petaka glasgow dimana pada tahun 1902 tribun penonton rubuh dengan 25 korban tewas dan 517 suporter cedera.

 

Ada juga tragedi Luzhniki yang juga patut diketahui dimana pada pertandingan antara Spartak dan HFC Harleem menjadi mimpi buruk. Pertama ada dihentikan karena ada suporter yang terjatuh dari tribun namun kemudian pertandingan dilanjutkan. Saat pertandingan hampir selesai dengan skor imbang, para suporter berdesak-desakan ingin pulang, namun ternyata pada menit terakhir terjadi gol dan para suporter berebutan ingin masuk kembali kedalam stadion.

Hawa yang dingin, -10 derajat celsius membuat parah situasi kondisi dimana para suporter sudah lelah berdesak-desakan. Akibatnya ada 66 suporter tuan rumah tewas namun ada data lain yang menyebutkan bahwa ada 340 orang yang tewas dan pemerintah dituding menutup-nutupi kondisi tragedi itu sebenarnya. Bahkan sampai sekarang belum ada penjelasan tentang tragedi tersebut.

Petaka lain yang terjadi di Inggris sekali lagi juga disebabkan oleh pendukung Liverpool sat laga semifinal Piala FA antara Liverpool dan Nottingham Forest di Hillsborough. Saat itu 96 suporter tewas karena tribun runtuh. Pendukung Liverpool disalahkan karena mereka memaksakan diri masuk ke stadion tanpa adanya tiket. Buntut tragedi sepakbola tragis ini adalah Assosiasi Sepakbola Inggris atau FA memaksa seluruh stadion untuk membangun kursi dan meniadakan tribun berdiri serta mencopot semua pagar besi yang berbahaya. Masih banyak sekali tragedi sepakbola yang tragis padahal sebenarnya permainan sepakbola haruslah menghibur dan menyenangkan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>