Transfer Unik Tanpa Uang

3.Transfer Unik Tanpa Uang1

Bursa transfer pemain selalu menjadi bahasan yang menarik karena publik penggemar sepak bola harap-harap cemas akan pemain yang akan dijual dan dibeli oleh klub beserta harga yang dipatok untuk penjualan tersebut. Tidak bisa dipungkiri bahwa nilai uang dalam sebuah transfer pemain sepak bola memang menjadi faktor yang tidak bisa dipisahkan.

Anda mungkin termasuk orang yang merasa bahwa sejumlah besar uang yang digelontorkan oleh Arsenal untuk membeli Mesut Ozil dari Real Madrid berbuah manis karena Ozil seakan-akan membawa pencerahan pada hasil pertandingan musim ini. Anda mungkin sudah menantikan sepak terjang Neymar yang ditebus Barcelona dengan harga yang menggiurkan dan masih ada pula Gareth Bale yang diboyong ke Real Madrid dengan harga fantastis.

Namun, dalam sejarah persepakbolaan profesional di dunia, ternyata transfer pemain tak harus dilakukan dengan uang. Ada beberapa transfer unik yang mungkin tidak Anda bayangkan ada di dunia sepak bola profesional. Lihat saja transfer Cascarino dari Gillingham ke Crokenhill tahun 1982. Ada isu bahwa ia dijual seharga satu potong besi seng, tetapi ternyata klub barunya memberikan bayaran berupa peralatan olahraga lengkap dengan berbagai baju olahraga.

Keunikan lain juga bisa ditemukan dari transfer Gary Pallister yang pindah dari Billingham Town ke Midlesbrough tahun 1084 dengan mahar satu set baju olahraga, satu tas bola, dan jala gawang. Lain lagi dengan Kenneth Kristensen yang pindah dari Vindbjart ke Floey tahun 2002. Uniknya, transfer Kristensen dilakukan dengan pembayaran berupa udang segar sesuai dengan berat badannya kala itu, yaitu 75 kilogram.

Zat Knight tahun 1999 memutuskan untuk bergabung bersama Fulham di Liga Primer Inggris dan meninggalkan Rushall Olympic. Jika pemain lain ditransfer dengan nilai uang tertentu, ia hanya ditransfer dengan 30 potong baju olahraga. Lain lagi dengan transfer unik Ernie Blenkinsop yang didatangkan oleh Hull City dari Cudworth tahun 1921. Transfer ini hanya bernilai 100 pundsterling ditambah satu tong bir.

Ian Wright boleh saja menjadi salah satu legenda klub besar Liga Premier Inggris, Arsenal, tetapi siapa sangka jika ia pernah bergabung dengan Crystal Palace dari Greenwich Borough tahun 1985 dengan nilai transfer berupa beban timbangan yang sesuai dengan berat tubuhnya saat itu.

Semua transfer unik tersebut memang dilakukan dengan pembayaran yang tidak biasa karena tidak menggunakan uang. Namun, paling tidak transfer tersebut sudah disepakati dan dilakukan oleh pihak yang berkaitan. Berbeda halnya dengan transfer super unik yang satu ini yang dialami oleh Marius Cioara tahun 2006 dari UT Arad ke Regal Hornia. Ia sepakat menerima pembayaran berupa 15 kilogram sosis babi, tetapi justru setelah satu hari kesepakatan kontrak, ia membatalkan perjanjian dan pihak Regal Hornia yang kesal meminta sosis babi tersebut dikembalikan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>