Negara-Negara yang Berpeluang Lolos ke Putaran Final Piala Dunia 2014

wc2014-1

Piala Dunia 2014 merupakan salah satu perhelatan olahraga paling ditunggu–tunggu oleh seluruh masyarakat dunia. Sepakbola sebagai olahraga paling populer sejagat membuat turnamen 4 tahunan ini menjadi sorotan seluruh penggemar sepakbola dari segala penjuru dunia. Terlebih lagi, Piala Dunia 2014 akan dilangsungkan di negara dengan tradisi sepakbola serta tradisi juara di turnamen ini. Brazil akan menjadi tuan rumah bagi kompetisi yang akan diikuti oleh 31 negara selain tim tuan rumah dengan tim–tim terhebat yang mampu lolos dari babak kualifikasi.

Kualifikasi Piala Dunia 2014

Brazil sebagai tuan rumah menjadi negara pertama yang memastikan diri akan ambil bagian di turnamen yang akan dimulai pada tanggal 12 Juni 2014 mendatang ini. UEFA mendapatkan 13 tempat di putaran final Piala Dunia 2014, AFC mendapat 4 atau 5 tempat, CAF mendapat 5 tempat, CONCACAF 3 atau 4 tempat, CONMEBOL 4 atau 5 tempat sedangkan OFC mendapat 1 atau 0 tempat jika tim dari federasi sepakbola ini gagal di babak playoff. Jumlah negara dari UEFA dan CAF telah dijamin sedangkan tempat yang tersedia bagi federasi sepakbola lain masih melalui sistem playoff untuk memperebutkan tempat yang tersisa. Mereka yang akan menjalani playoff adalah tim peringkat kelima AFC, peringkat keempat CONCACAF, peringkat kelima CONMEBOL dan peringkat pertama OFC.

wc2014-4

Hasil Sementara Kualifikasi Piala Dunia 2014

Dari federasi CAF, saat ini beberapa tim unggulan telah menunjukkan kualitas mereka dengan memimpin perolehan poin di grup masing–masing. Pantai Gading, Nigeria, Mesir, Kamerun dan Senegal memimpin perolehan poin di grup masing–masing. Negara–negara tersebut merupakan negara Afrika yang cukup sering mendapatkan tempat untuk berkompetisi di putaran final Piala Dunia. Dari federasi CONMEBOL, beberapa tim unggulan juga telah tancap gas sejak awal dan memimpin perolehan poin. Argentina masih berada di puncak klasemen dengan nilai 24 setlah menjalani 11 pertandingan. Sedangkan posisi kedua dan ketiga ditempati Ekuador dan Kolombia, sedangkan Chili dan Venezuela berbagi angka yang sama di posisi empat dan lima. Sementara itu Uruguay masih berjuang agar masuk ke zona playoff karena empat tim teratas akan lolos langsung ke putaran final Piala Dunia sedangkan tim di tempat kelima harus menjalani laga playoff agar dapat lolos ke Piala Dunia 2014 Brazil.

Sementara dari konfederasi sepakbola UEFA, klasemen sementara babak kualifikasi Piala Dunia 2014 juga masih berlangsung seru. Beberapa tim unggulan seperti Spanyol, Italia, Belanda dan Jerman masih memimpin perolehan poin di grup masing–masing. Beberapa negara lain yang cukup dikenal di kancah persebakbolaan dunia seperti Inggris masih harus berjuang untuk mendapatkan satu tempat agar langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 karena masih berada di peringkat kedua grup H, tertinggal 2 poin di belakang Montenegro yang memimpin peroleh poin di grup ini.

Be Sociable, Share!

2 Comments

  1. Pingback: Jay-Z Ingin Mengontrak Pemain-Pemain Muda Brazil Salah Satunya Neymar - Gila Sport

  2. Pingback: Wanita Ternyata Juga Jago Bermain Sepakbola - Gila Sport

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>