Publik Tidak Ingin Timnas U-19 Hancur Karena Publisitas Berlebihan

timnas

Timnas Indonesia U-19 saat ini tengah menjadi sorotan. Bukan hanya karena permainan mereka yang cukup memukau pada laga melawan PSS Sleman kemarin, namun juga karena berbagai pemberitaan di luar area lapangan hijau. Pemberitaan yang bermunculan dalam beberapa terakhir ini adalah seputar keputusan para pembesar PSSI dan kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk membawa timnas U-19 kedalam film.

Well, mungkin tidak ada salahnya untuk membawa kisah mereka yang cukup inspiratif ke dalam film, namun tidakkah tersebut cepat? Belum lagi berakhir euphoria tentang peluncuran buku mereka, kini para pejabat kita sudah merencanakan untuk membuat film berdasarkan kisah para punggawa U-19. Banyak pihak yang menilai bahwa keputusan ini sudah terlalu jauh melenceng dari koridornya. Menurut mereka, jika memang mereka merasa bangga dan ingin memberikan dukungan kepada timnas, bukan dengan begitu caranya. Labih baik focus kepada pembinaan mereka yang ditingkatkan.

Adapun pendapat miring tentang keputusan kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini bukannya tidak beralasan. Banyak psikolog menilai bahwa expose dan kepopuleran yang terlalu tinggi bagi seseorang yang diusia dini seperti para punggawa U-19 akan lebih berpotensi menghancurkan mereka, daripada memberi manfaat.

Sudah banyak kasus dimana seorang atlet yang terlalu dimanjakan oleh kepopuleran mengalami kemerosotan prestasi secara tajam. Dan jika kita boleh jujur, prestasi U-19 kita sebenarnya masih belum ada apa-apanya. Jalan mereka masih panjang. Negara ini masih membutuhkan prestasi mereka di masa mendatang, dan dengan membuat film tersebut bukanlah pilihan yang bijak. Biarlah mereka focus pada latihan dan pendidikan, tak perlu direpotkan dengan hal-hal lain yang tidak berkaitan dengan minat mereka.

 timnas, U-19, berita bola, berita olahraga

Pendapat-pendapat tersebut bisa anda temukan di banyak forum dan milis online. Bahkan tak jarang banyak pihak yang merasa miris dan sedih dengan adanya pemberitaan tersebut. Mereka hanya tidak ingin kekuatan yang sudah dibangun susah payah oleh para punggawa timnas U-19 menjadi hancur lebur gara-gara hal yang tidak berguna.

Saat ini, Timnas U-19 tengah menjalani tour Nusantara-nya, dimana mereka akan mengunjungi beberapa kota di seluruh Indonesia dan menjajal kemampuan dengan berbagai klub daerah yang mereka singgahi. Kapankah mereka akan sampai dikota Anda? Berikut adalah jadwal lengkap tour para Garuda Muda tersebut:

1. Senin, 3 Februari: Timnas U-19 vs PSS Sleman di Maguwoharjo, Sleman.
2. Rabu, 5 Februari: Timnas U-19 vs Persiba Bantul di Sultan Agung, Bantul.
3. Jumat, 7 Februari: Timnas U-19 vs Pra PON DIY di Mandala Krida, Yogyakarta.
4. Senin, 10 Februari: Timnas U-19 vs Pra PON Jateng di Manahan, Solo.
5. Jumat, 14 Februari: Timnas U-19 vs PSIS Semarang di Jati Diri, Semarang.
6. Senin, 17 Februari: Timnas U-19 vs Persijap di Bumi Kartini, Jepara.
7. Jumat, 21 Februari: Timnas U-19 vs Persebaya U-21 di Gelora Bung Tomo, surabaya.
8. Senin, 24 Februari: Timnas U-19 vs Pra PON Jatim di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo.
9. Rabu, 26 Februari: Timnas U-19 vs Arema U-21 di Kanjuruhan, Malang.
10. Jumat, 28 Februari: Timnas U-19 vs Persikoba (Malang United) di Brantas.
11. Senin, 10 Maret: Timnas U-19 vs Persiba Balikpapan di Stadion Persiba, Balikpapan.
12. Jumat, 14 Maret: Timnas U-19 vs Pusam di Palaran, Samarinda.
13. Senin, 17 Maret: Timnas U-19 vs Mitra Kukar di Aji Imbut, Tenggarong.

timnas, U-19, berita bola, berita olahraga

BACA JUGA:

Eks Timnas Jagokan Indonesia, Bursa Taruhan Jagokan Thailand

Daftar Eksekutor Bola Mati Tim Nasional Indonesia U-23

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>