Alat-Alat Yang Diperlukan Untuk Hiking

alat-alat-hiking-1

Faktor Utama Yang Mempengaruhi Keberhasilan Pendakian

Memasuki musim panas memang menjadi salah satu musim favorit bagi mereka yang senang untuk melakukan kegiatan di luar ruangan. Hiking dan berkemah merupakan kegiatan yang paling menyenangkan dan terbaik karena sangat cocok dilakukan pada musim panas.

Melakukan pendakian di musim panas memang menjadi waktu yang terbaik karena alamnya yang bersahabat, namun haruslah ada persiapan dan juga kelengkapan dari alat-alat yang diperlukan untuk hiking karena merupakan faktor yang utama di dalam mempengaruhi keberhasilan dalam suatu pendakian. Faktor internalnya meliputi kesiapan fisik, keterampilan, teknik dan juga peralatan. Sedangkan faktor eksternalnya adalah memahami peta, teknik P3K dan berbagai macam perlengkapan yang dapat membantu selama pendakian.

Alat-Alat Yang Penting Dalam Pendakian

Hiking-2

Perlengkapan yang diperlukan untuk hiking meliputi yang pertama adalah carrier atau tas ransel yang memang ukurannya cukup besar sekitar 30-60 liter dan juga membawa one day pack atau tas ransel yang berukuran kecil. Carrier gunanya untuk meletakkan sejumlah barang yang memang akan dibawa dalam pendakian, carilah carrier yang ringan dan waterproof, kuat yang mampu membawa beban secara aman, nyaman digunakan (sebaiknya carilah tali penyandangnya yang lebar dan empuk serta mudah untuk diatur), lalu dalam menyusun barang dalam carrier sebaiknya kelompokan barang-barang yang paling sering diambil di bagian atas seperti P3K, kamera dll.

Selanjutnya letakan barang yang berat di dekat badan, lalu masukan ke dalam kantong yang kedap air seperti buku dan pakaian, lalu sebisa mungkin lapisilah dengan matras pada bagian dalam carrier supaya lebih mudah dalam pengepakan.

Peralatan kedua adalah tenda, usahakanlah yang dilengkapi dengan kain parasut dan juga dapat menahan hujan serta angin. Tenda doom merupakan tenda terbaik karena sudah dilengkapi dengan cover serta ruangan inti. Lalu yang perlu dipersiapkan lagi adalah perlengkapan memasak yang harus praktis dan juga efisien, seperti nesting, kompor paraffin, kompor gas tabung dan juga sepritus. Makanannya pun juga harus mudah untuk dimasak seperti sarden, mie, susu kaleng, kornet dan yang lainnya. Jika memang akan berhenti lama saat camping, bisa juga membawa sayuran dan beras untuk memenuhi kebutuhan kalori tubuh dan tidak lupa membawa piring dan gelas plastik serta tisu.

Selanjutnya alat yang diperlukan adalah perlengkapan tidur, sebaiknya carilah sleeping bag yang terbuat dari bulu angsa atau parasut dan bawalah pakaian yang mudah keringnya dan berwarna terang. Peralatan selanjutnya adalah membawa sepatu atau sqndal gunung yang berguna untuk melindungi kaki dari kayu runcing, bebatuan yang tajam, gigitan binatang atau duri yang kerap kali ditemui selama perjalanan hiking. Lalu bawalah jas hujan atau plonco yang berbentuk jaket, kemudian lentera atau senter, perlengkapan untuk mandi, survival kit, dan tidak lupa membawa peralatan P3K.

Be Sociable, Share!

2 Comments

  1. Pingback: Tips Hiking Secara Aman - Gila Sport

  2. Pingback: Yang Bermerk Tunjukkan Kualitas Aktivitas Hiking - Gila Sport

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>