Beberapa Mitos Mengenai Olahraga Angkat Beban

angkat beban 2

Bagi sebagian orang, olahraga angkat beban adalah olahraga yang menyakitkan dan penuh penderitaan. Well, tidak bisa disangkal memang bahwa olahraga angkat beban membutuhkan konsentrasi dan penerapan yang tepat, karena selain untuk memberikan efek yang bagus untuk tubuh, penerapan yang tepat akan mencegah Anda dari cedera. Hal ini penting untuk diketahui oleh para pemula.

Namun begitu, bagi mereka yang menginginkan bentuk tubuh yang proporsional dan berotot, latihan beban adalah pilihan terbaik yang bisa mereka coba. Dan diantara banyak hal menarik tentang olahraga angkat beban ini, ada beberapa yang tidak benar atau hanya mitos belaka. Dengan mengetahui mana mitos mana kenyataan, maka Anda akan mampu mengoptimalkan hasil yang ingin Anda capai dari olehraga ini. Berikut adalah beberapa hal mitos menarik yang harus Anda ketahui tentang olahraga angkat beban.

Saat Melakukan Angkat Beban, Gerakan Harus Benar-Benar Tepat

Tidak selalu benar. Melakukan gerakan yang benar sesuai instruksi akan mencegah Anda dari cedera atau hal yang tidak menyenangkan lainnya. Namun hal tersebut tidak membuat latihan Anda efektif. Terkadang, melakukan berbagai improvisasi bisa membarikan hasil yang lebih baik bagi otot Anda. Tentunya, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan yag lebih berpengalaman sebelum bereksperimen nantinya.

Mengangkat Beban Pelan-pelan Membuat Otot Lebih Cepat Membesar

Tidak benar. Dengan mengangkat perlahan hanya akan membuat beban lebih ringan dan memudahkan Anda berolahraga dengannya, namun hal tersebut tidak berpengaruh dengan perkembangan otot. Justru, mengangkat beban dengan cepat dan tepat dapat meningkatkan kontraksi otot dan membuatnya lebih terlatih.

 angkat beban, berita olahraga, olahraga berat,

Angkat Beban Lebih Berat Jika Ingin Lebih Berotot

Tidak benar. Yang paling mempengaruhi pertumbuhan otot adalah seberapa banyak intensitas pengulangan yang Anda lakukan. Rate pengulangan yang paling tepat adalah antara 5-15. Jika Anda melakukan pengulangan minimum (5) atau kurang dari itu, hanya akan membuat Anda kelelahan tanpa ada peningkatan yang berarti. Dengan pengulangan 5-15, maka metabolisme akan berjalan dengan seimbang sehingga memberikan hasil terbaik untuk otot Anda.

Beristirahat Saat Jeda Latihan Adalah Sangat Penting

Tidak selalu benar. Memang beristirahat adalah penting untuk memberikan waktu bagi otot untuk berkembang, namun dengan tetap aktif selama istirahat akan memberikan hasil yang jauh lebih besar. Selama istirahat, Anda bisa melakukan aktivitas lain yang membuat otot Anda aktif, namun jangan terlalu berat. Misal bisa dengan melakukan senam ringan atau berjalan-jalan disekitar areal fitness. Ini akan memberikan hasil lebih baik daripada Anda berdiam diri.

Supplemen Setelah Latihan Sangat Dibutuhkan Untuk Membentuk Otot

Tidak selalu benar. Saat Anda tidak berolahraga, tubuh tetap mencerna protein yang Anda makan. Oleh karenanya, dengan meminum suplemen tertentu setelah latihan tidak serta merta membuat protein tersebut terserap seluruhnya. Yang lebih tepat adalah Anda menjaga asupan protein sepanjang hari tetap teratur, yakni sekitar 1 gram untuk setiap 0.45kg berat badan anda.

 angkat beban, berita olahraga, olahraga berat,

BACA JUGA:

5 Cedera Paling Parah Sepanjang Sejarah Dunia Tinju

5 Wahana Roller Coaster Paling Ekstrim Di Dunia

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>