Beberapa Teknik Dasar BMX Freestyle

Beberapa Teknik Dasar BMX Freestyle3

Bersepeda pada umumnya memang tidak dikategorikan sebagai olahraga ekstrim, namun tidak untuk BMX freestyle. Banyak hal yang membedakan BMX freestyle dengan olahraga persepeda pada umumnya. Pada dasarnya yang membedakan adalah manuver-manuver pengendara saat mengendarai sepeda BMX.

Menyaksikan atraksi BMX freestyle tentu saja sangat menyenangkan dan terkadang kita tergoda untuk ikut melakukannya. Kelihatannya sangat mudah bermanuver diatas sepeda BMX namun pada kenyataannya tidak, butuh waktu yang lama untuk melatih berbagai teknik dalam BMX freestyle. Apabila anda tertarik untuk melakukan BMX freestyle ada beberapa teknik dasar yang anda perlu ketahui.

Curb Endo

Teknik ini bisa dibilang teknik paling dasar akrobatik BMX. Untuk melakukannya anda butuh sesuatu untuk menghentikan laju sepeda anda, misalnya trotoar. Yang anda lakukan adalah meluncur dengan lambat ke arah trotoar. Biarkan roda depan anda menabrak sisi trotoar dengan pelan. Ketika laju roda depan terhenti anda dorong tubuh anda ke depan dengan menitikberatkan tubuh anda pada roda depan hingga roda belakang sepeda anda terangkat naik. Apabila memungkinkan jaga posisi tersebut barang satu atau dua detik.

teknik, dasar, bmx, freestyle, sepeda

180 Barspin

Pada dasarnya teknik ini adalah memutarkan sepeda anda setengah lingkaran atau 180 derajat tanpa menjejakkan kaki anda di tanah. Anda meluncur dengan sepeda anda lalu mengangkat dan memutarkan sepeda anda ke arah belakang tanpa menjejakkan kaki ditanah. Teknik ini bisa dibilang sulit karena anda harus menghentakkan tubuh anda keatas lalu memutar tanpa menjejakkan kaki ditanah. Yang sulit lagi adalah anda akan melaju mundur ketika anda sudah berada di posisi yang berlawanan dari posisi semula. Dibutuhkan lebih dari sekedar tenaga untuk menghentakkan dan memutar sepeda tanpa kaki berpijak di tanah tetapi juga dibutuhkan keseimbangan supaya tidak jatuh.

Barhoop

Teknik ini relatif sederhana namun bisa juga berbahaya. Pada dasarnya teknik ini adalah memindahkan posisi duduk anda dari awalnya di sadel menjadi duduk di stang BMX anda. Tantangannya adalah melakukannya tanpa berhenti dan tanpa menjejakkan kaki di tanah. Anda meluncur dengan sepeda anda lalu pegang erat-erat stang sepeda. Angkat badan anda lalu lompati stang sepeda dan duduk diatas stang sepeda sehingga anda meluncur di atas sepeda dengan bokong diatas stang sepeda bukan di atas sadel. Kesulitannya adalah saat memindahkan badan dari sadel ke stang depan. Banyak yang mengalami kecelakaan disini bisa saja sepeda bagian belakang ikut naik sehingga si pengendara akan terjatuh ke depan.

Pogo

Teknik ini juga cukup sederhana dan cocok untuk pemula namun anda perlu memasang pasak besi pijakan pada sumbu roda belakang sepeda anda. Pasak besi pijakan ini anda gunakan untuk memijakkan kaki anda. Pada dasarnya teknik ini adalah berdiri bertumpu pada satu roda belakang sepeda. Posisikan sepeda anda pada posisi berdiri vertikal hingga hanya roda belakang yang menyentuh tanah. Pijakkan kedua kaki anda pada pasak besi pijakan di kedua sisi roda. Jagalah keseimbangan sepeda anda. Biasanya ini dilakukan sambil menghentak-hentakkan sepeda jadi seakan-akan kita dan sepeda kita sedang melompat-lompat.

teknik, dasar, bmx, freestyle, sepeda

BACA JUGA:

Indonesia Sebagai Tuan Rumah Lomba BMX Dan MTB Tingkat Asia

Risa Suseanty Ratunya Downhill Tingkat Asia

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>