Deretan Pemanjat Ekstrim Dunia

panjat tebing

Olahraga memanjat cukup populer namun tidak semua atlet memanjat puas dengan olahraga memanjat biasa. Inilah kemudian olahraga ini berkembang menjadi banyak disiplin dan salah satunya adalah free climbing. Berbeda dari wall climbing yang memanfaatkan dinding kayu atau tembok vertikal sebagai bidang untuk memanjat, free climbing lebih fleksibel karena bisa memanfaatkan bidang apa saja sebagai media untuk memanjat. Namun biasanya media free climbing yang dipilih cenderung “tidak lazim” dan sangat sulit.

Pada kebanyakan kasus para atlet free climbing memilih media panjat seperti tebing batu yang curam yang tentu saja sangat berbahaya bagi pendaki manapun. Namun demikian ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki ekstrim ini karena bagi mereka semakin sulit medan panjat maka semakin menantang untuk ditaklukkan. Berikut adalah secuplik profil dari para atlet free climbing yang ekstrim tersebut.

Iker Pou

Selama ini Iker Pou dikenal sebagai salah satu atlet free climbing yang diakui secara internasional, bahkan dikenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Iker mengawali karir professionalnya pada usia yang sangat muda dan berhasil menaklukkan route 9a yang dikatakan sebagai tingkatan yang paling sulit untuk dilakukan. Selain itu memiliki catatan rekor menaklukkan route 8a, 8b+ dan 8c dan yang fenomel adalah saat menyabet route 9a sekaligus.

 panjat tebing, olahraga ekstrim, berita olahraga,

Bernd Zangerl

Semasa kecil Bernd memang dibesarkan di daerah lembah pegunungan Flirsch am Arlberg. Bernd yang menyebut dirinya seorang “pemanjat alami” memulai karir professionalnya pada tahun 1994 dan saat berumur 16 tahun dia berhasil mencapai puncak Grand Capucin di pegunungan Blanc. Keberhasilan Bernd yang lain adalah saat ia menaklukkan route-route yang sulit seperti “Memento”, “Anam Cara” dan “Viva la Evolution”. Saat ini Bernd sedang merantau untuk mencari tantangan baru dengan route yang jauh lebih sulit.

Angela “Angy” Eiter

Selama ini dunia olahraga panjat memanjat memang didominasi oleh pria karena faktor tingkat kesulitan dan resiko yang demikian besar. Namun ini tidak berlaku bagi Angela, pemanjat yang dikenal dengan nama panggila Angy ini merupakan seorang juara dunia di banyak kompetisi panjat dinding. Angy pertama kali menyabet gelar juara dunia pada tahun 2003 dengan menaklukkan medan yang sangat sulit. Wanita bernyali besar ini juga menjadi juara dunia pada tahun 2005 di Duisburg/ Pada tahun 2011 laly Angy menyabet gelar juara dunia untuk yang ke 25 kalinya.

Tahun 2010 merupakan tahun yang gemilang bagi Angy dimana dia meraih kemenangan di Grand Slam untuk kelas Lead Master di Perancis lalu menyabet Juara Eropa. Pada tahun 2012 dia juga memenangi kejuaraan yang sama. setelah berhasil memenangi laga yang sama selama kurang lebih empat tahun Angy di masa depan akan berencana untuk hijrah ke disiplin panjat tebing karena lebih menantang.

panjat tebing, olahraga ekstrim, berita olahraga,

BACA JUGA:

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>