Gerakan Akrobatik Dalam Olahraga Ekstrim Wingsuit Flying

olahraga ekstrim

Wingsuit flying memang masih belum terlalu populer dan belum banyak dilakukan di Indonesia tetapi di luar negeri olahraga ekstrim ini sudah banyak memiliki banyak penggemar. Aksinya bahkan sudah dapat dilihat pada beberapa film layar lebar walaupun hanya sekedar ditampilkan secuil saja bukan merupakan tema utama dari film tersebut. Pada dasarnya wingsuit flying adalah aktivitas yang sama dengan olahraga terjun payung lainnya seperti skydiving dimana kita akan meloncat dari ketinggian tertentu dan melakukan kemudian melepaskan parasut pada ketinggian dan saat yang tepat. Yang membedakan adalah wingsuit flying lebih cenderung terbang ketimbang terjun di udara.

Untuk itulah kemudian perlu desain pakaian khusus yang memungkinkan kita untuk ‘terbang meluncur’ di udara. Kostum wingsuit flying seperti namanya mengambil konsep sayap, jadi diantara tangan dan kaki ditambahkan kain selaput begitu juga di antara kedua kaki, ini dimaksudkan agar kostum tersebut bisa menahan laju jatuh kita sehingga kita bisa bergerak meluncur secara horizontal.

Dalam perkembangannya wingsuit flying kemudian dimodifikasi dengan berbagai gerakan dan aktivitas akrobatik yang membuat olahraga ekstrim ini menjadi lebih menarik dan menantang. Berikut adalah beberapa gerakan akrobatik yang umumnya dilakukan pada wingsuit flying.

Demo Wingsuit Flying

Ini adalah jenis aero akrobatik yang dilakukan dalam wingsuit flying dengan tujuan menghibur penonton dibawahnya. Biasanya dibutuhkan lebih dari dua penerjun yang kemudian membentuk formasi atau bahkan penerjun menambahkan efek sayang di kedua atau salah satu sisi sayap. Kurang lebih demo wingsuit flying ini mirip dengan aero akrobatik pada pesawat hanya saja dalam wingsuit flying dilakukan secara manual oleh manusia.

Wingsuit Artistic

Jenis ini membutuhkan teknik aero akrobatik yang lebih rumit dan biasanya diperlombakan. Penerjun akan beraksi di udara dengan manuver-manuver tertentu yang kemudian akan dinilai oleh juri. Maka dari itu perlu kamera untuk menangkap aksi manuver dan akrobatik mereka saat mengudara.

 olahraga ekstrim, wingsuit flying, jenis olahraga

Wingsuit Stunt

Jenis wingsuit flying ini biasanya adalah bagian dari proyek perfilman dan bukan bagian dari olahraga wingsuit flying. Meskipun demikian dibutuhkan skill untuk terbang persis seperti yang diinginkan oleh sutradara dan ini tentunya tidak mudah.

Wingsuit Rodeo

Bisa dibilang wingsuit flying jenis ini adalah yang paling gila tetapi untuk melakukannya dibutuhkan dua orang penerjun. Penerjun pertama memakai kostum wingsuit sedangkan penerjuan kedua tidak. Pada wingsuit rodeo penerjun yang tidak memakai kostum wingsuit akan terjun dan meluncur diatas badan penerjun yang mengenakan wingsuit. Penerjun yang tidak mengenakan kostum wingsuit bisa menaiki, menduduki atau berdiri diatas penerjun yang berkostum wingsuit seperti halnya koboi yang menduduki kuda. Mengingat bertambahnya beban maka aksi ini tidak bisa dilakukan lama-lama dan mereka harus terpisah untuk mengembangkan parasut masing-masing agar tidak terjerembab ke tanah.

Buzzing

Jenis wingsuit flying ini adalah yang tersulit karena penerjun akan terbang mendekati orang lain yang ada di udara seperti penerjun tandem, penerjun gantole atau orang yang ada di atas balon udara. Jenis wingsuit ini sangat berbahaya karena wingsuit flying sangat cepat dan mungkin bisa menabrak orang lain, maka dari itu biasanya aksi ini sudah direncanakan sebelumnya.

olahraga ekstrim, wingsuit flying, jenis olahraga

BACA JUGA:

Top 5 Extreme Player Di Ajang X-Games

Loncat Unta, Olahraga Unik Dari Yaman

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>