Jogja Air Show 2014 Ajang Olahraga Dirgantara Paling Meriah

Seorang penerjun unjuk kebolehan kemampuan terjun payung pada acara Jogja Air Show 2014 di Pantai

Jogja Air Show 2014 baru saja digelar di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dari tanggal 28 Februari hingga berakhir pada tanggal 2 Maret lalu. Event atraksi udara tersebut melibatkan tiga lokasi sekaligus yang berada dalam satu garis pantai yaitu pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo dan Pantai Depok.

Tak tanggung-tanggung event olahraga udara ekstrim tersebut melibatkan banyak sekali peserta. Tak kurang dari 19 provinsi di Indonesia yang terdiri dari 1.328 peserta mengikuti event tersebut, bahkan peserta dari luar negeri sebanyak 13 atlet dari mancanegeara juga turut bergabung di dalamnya. Negara asing yang terlibat dalam event ini meliputi Thailand, Malaysia, Korea Selatan, Filipina, Australia serta komunitas warga asing yang tinggal di Bali. Event ini bisa dibilang sebagai yang terbesar yang pernah ada di Indonesia sehingga tak heran apabila event ini memegang rekor MURI bukan hanya dalam satu kategori tetapi dalam dua kategori sekaligus.

Kategori pertama adalah karena dalam event ini terdapat penerjun payung yang beraksi dengan pita yang terpanjang di Indonesia yaitu sepanjang 1.000 meter. Untuk kategori kedua Jogja Air Show 2014 juga memiliki jumlah penerbang chuck glider aeromodelling terbanyak se-Indonesia yaitu dengan melibatkan 786 unit pesawat. Event tersebut dibuka dan diresmikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo yang juga kebetulan adalah orang asli Yogyakarta.

olahraga, air show 2014, air show, jogya, dirgantara

Dalam event ini diperlombakan berbagai jenis olahraga udara meliputi terjun payung, aero modeling, paralayang, terbang layang, gantole, micro light, para motor, pesawat swayasa dan lain sebagainya. Lebih dari itu event ini juga terbilang istimewa karena menyediakan layanan pengobatan massal secara gratis pula. Lomba sepatu roda, lomba foto dan pertunjukan seni juga digelar dalam event yang sama. Bahkan untuk sisi hiburan Jogja Air Show 2014 menyajikan atraksi mengagumkan dari Jupiter Aerobatic Team.

Dalam event tersebut Jupiter Aerobatic Team menampilkan 6 unit pesawat yang unjuk gigi memamerkan formasi terbang dengan 18 manuver yang berani dan mengagumkan. Tentu saja ini menjadi hiburan dan daya tarik yang mampu menarik banyak wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Jupiter Aerobatic Team bisa dikatakan bukan satu-satunya yang istimewa dalam ajang olahraga dirgantara tersebut karena event tersebut juga menyajikan atraksi dr. Elisa yang selama ini dikenal luas sebagai atlet aero gantole yang memiliki rangking kedua tingkat dunia.

Moris Tumpal Simatupang selaku Ketua Pelaksana event tersebut mengakui bahwa Jogja Aerobatic Team yang lalu sengaja dibuat berbeda daripada yang sudah pernah dijalani sebelumnya. Event ini memang ditujukan dan difokuskan untuk olahraga dirgantara namun di dalamnya juga melibatkan unsur seni, sosial dan budaya setempat sehingga mampu memberi lebih banyak manfaat dan kelebihan bagi para peserta dan warga setempat.

olahraga, air show 2014, air show, jogya, dirgantara

BACA JUGA:

Profil Binaragawan Ade Rai

Gerakan Akrobatik Dalam Olahraga Ekstrim Wingsuit Flying

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>