Asal Mula Pogo Stick

Asal Mula Pogo Stick

Anda tahu olahraga Pogo Stick? Ya, olahraga yang bisa dibilang unik karena menggunakan tongkat berbentuk huruh T untuk melompat kesana kemari. Dalam perkembangannya, olaharaga ini telah merambah pada dunia olahraga ekstrim yang dikenal dengan sebutan stunt Pogo. Tapi, apakah anda tahu dari mana olahraga ini berasal?

Pencipta tongkat Pogo, George Hansburg mendapatkan ide untuk membuat tongkat saat dia pergi ke Burma. Di Burma, George bertemu dengan seorang petani miskin. Petani ini mempunyai seorang anak perempuan yang bernama Pogo.

Ide membuat Pogo Stick ini muncul ketika George melihat bahwa petani miskin ini membuatkan sebuah tongkat berbentuk huruf T, yang bisa digunakan oleh Pogo, putrinya, untuk pergi ke kuil dengan melewati jalan yang berlumpur dan berbatu. Pogo tidak mempunyai alas kaki dan dengan tongkat ini dia bisa pergi ke kuil untuk memanjatkan doa untuk ayahnya setiap hari.

Karena melihat hal ini, maka George mendapatkan ide untuk membuat tongkat berbentu huruf T ini. Dan sebagai penghormatan, dia memberi nama tongkat ini sama dengan nama anak perempuan petani tersebut, yaitu Pogo Stick.

George mendaftarkan tongkat buatannya ini dan mematenkannya pada tahun 1919. Pada saat itu, bahan yang digunakan untuk membuat tongkat Pogo adalah kayu. Tapi, dalam perkembangannya, bahan ini diganti dengan bahan logam dan ada penambahan pegas pada tongkat ini agar mampu digunakan untuk melompat lebih tinggi dan jauh.Sejak saat itu, tongkat Pogo menjadi salah satu alat dan permainan yang banyak disukai oleh orang-orang diseluruh dunia.

Dan pada tahun 1996, lahirlah stunt Pogo yang diciptakan oleh Dave Amstrong. Sama seperti olahraga ekstrim lainnya, terdapat banyak jenis gaya ekstrim yang dilakukan di olahraga stunt Pogo ini, seperti Heel Clicker, Can Can dan banyak gaya dan teknik lainnya.

Stunt Pogo juga digunakan untuk membuat beberapa rekor dunia. Salah satunya adalah rekor yang dibuat oleh Fred Grzybowski. Fred berhasil membuat lompatan tertinggi di dunia dengan Pogo Stick dan tercatat dia mampu melompat setinggi 2,7 meter.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>