Ini Dia Olahraga Unik Dari Rembang Jawa Tengah

Ini Dia Olahraga Unik dari Rembang Jawa Tengah

Tanpa kita sadari, di Kabupaten Rembang ternyata memiliki sebuah olahraga unik dan cukup menarik dari cabang olahraga biasanya. Walaupun sekilas seperti olahraga Gulat, namun ada sesuatu yang berbeda dan pastinya cukup unik untuk disimak. Nama olahraga tersebut ialah Pathol. Pathol sendiri memiliki arti khususnya bagi masyarakat Rembang yaitu seseorang yang Jago dan Tak Terkalahkan. Menurut masyarakat sekitar, Pathol layaknya seperti olahraga gulat namun hanya menggunakan peralatan yang tradisional. Biasanya setiap orang hanya bisa melihat Pathol di daerah Kecamatan Serang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Selain itu Anda tidak akan bisa melihat olahraga Pathol karena telah menjadi khas daerahnya sendiri.

Alasan diadakannya olahraga unik Pathol ini hanya sebagai ungkapan rasa syukur para nelayan yang sudah dilimpakan rejeki dari kekayaan laut. Masyarakat pesisir pun melakukan sedekah laut dengan cara mengadakan sebuah event unik yaitu Pathol. Indonesia memang sudah dari dulu berbentuk kepulauan. Oleh karenanya, hampir di setiap masyarakat yang berada di pinggir pantai bekerja sebagai nelayan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Biasanya di setiap pinggir pantai tersebut memiliki kebudayaan yang berbeda-beda dalam mengungkapkan rasa syukurnya tersebut. Pathol sendiri memang terlihat seperti olahraga Gulat. Seperti yang kita tahu pada olahraga Gulat ada 2 peserta yang siap mengadu otot tubuhnya. Letak perbedaannya ialah jika olahraga Gulat diadakan di tempat yang bagus seperti di indoor olahraga, lain halnya dengan Pathol yang hanya diadakan dipinggir pantai.

olahraga unik, pathol, berita olahraga, jawa tengah, olahraga ekstrim

Letak perbedaan lainnya juga pada baju yang dikenakan. Jika di Gulat berbagai alat bantu sesuai standar internasional pastinya dipakai agar dapat menghindari cedera, namun di Pathol sendiri setiap peserta hanya memakai celana pendek dan ditambah sebuah selendang yang dibentuk menjadi sabuk lalu diikatkan ke pinggangnya. Nah, selendang itulah yang nantinya digunakan untuk melakukan pertarungan hingga lawan yang dihadapi jatuh tersungkur. Ketika perlombaan sudah dimulai masing-masing atlet mulai memegang selandang yang diikatkannya. Pemenang dari olahraga unik tersebut ialah ketika salah satu dari kedua sudah jatuh tersungkur dan punggungnya menyentuh pasir.

Saat ini, olahraga Pathol sudah berkembang cukup pesat hingga setiap cara untuk menjatuhkan lawannya pun mulai beragam. Karena perkembangannya tersebut Pathol sudah menjadi salah satu tren olahraga unik di Kabupaten Rembang. Tugas kita saat ini adalah bagaimana caranya agar olahraga unik yang menjunjung tinggi kebudayaan tersebut harus bisa dilestarikan sampai anak cucu kita tetap merasakannya. Ketika sudah berhasil kita lestarikan maka nantinya olahraga Pathol mulai dikenal tidak hanya di Indonesia  saja melainkan di seluruh dunia mengakui keunikannya. Semoga artikel menjadi acuan baru khususnya bagi anda yang senang dengan berbagai jenis olahraga unik didunia ini.

 olahraga unik, pathol, berita olahraga, jawa tengah, olahraga ekstrim

BACA JUGA:

Tradisi Olahraga Unik Karapan Sapi Di Madura

Perjalanan Karir Tinju Chris John

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>