Loncat Unta, Olahraga Unik Dari Yaman

Loncat Unta, Olahraga Unik Dari Yaman

Hampir di setiap daerah di dunia ini memiliki ciri khas tersendiri. Hal tersebut bisa dilihat dari seni dan kebudayaannya. Terkadang ciri khasnya tersebut dijadikan sebuah olahraga unik yang dapat mengundang banyak orang untuk melihatnya. Tak ayal olahraga unik tersebut juga dijadikan sebagai obyek wisata yang tentunya dapat membantu menambah penghasilan bagi masyarakat yang mendiami daerah tersebut. Disini saya ingin memperkenalkan sebuah olahraga unik yang pastinya membuat anda tertarik untuk melihatnya secara langsung. Olahraga apakah itu? Jika dilihat dari teknik melakukannya, sebenarnya olahraga ini masih identik dengan salah satu kebudayaan di Indonesia. Tergambar jelas bahwa jenis olahraga ini sama seperti Loncat Batu di Pulau Nias, Sumatera Indonesia. Akan tetapi obyek yang menjadi media loncatannya bukanlah batu melainkan seekor Unta.

Seperti yang kita tahu, meloncat atau loncat merupakan sebuah olahraga yang bertumpu pada kekuatan kedua kaki. Kekuatan kedua kaki kita akan teruji ketika obyek yang menjadi media loncatannya berukuran lebih tinggi dari yang dibayangkan. Jika kita bisa melakukannya dengan rutin, tentu efek yang dirasakannya adalah anda bisa bertambah kuat di bagian kaki dan badan untuk menahan hentakan kaki ketika turun. Olahraga loncat unta ini sudah sering dilakukan oleh sekelompok orang yang mendiami Negara Yaman khususnya para laki-laki dari suku Zaraniq. Pastinya obyek wisata tersebut selalu berhasil menarik perhatian para wisatawan yang berkunjung kesana.

loncat unta, olahraga unik, berita olahraga, suku zaraniq

Secara detil, pada olahraga tersebut Anda akan menemukan keunikan tersendiri bila dibandingkan dengan loncat batu di Nias. Setiap peserta yang mengikuti perlombaan tersebut diwajibkan untuk sebisa mungkin meloncati beberapa unta yang berbaris lurus. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa unta merupakan salah satu hewan yang memilih tinggi tubuh yang lumayan besar. Pihak penyelenggara akan menentukan pemenangnya jika sudah berhasil meloncati beberapa unta yang sedang berbaris tersebut dihitung yang paling tercepat. Mengenai pakaian yang harus digunakan oleh para peserta adalah sebuah pakaian tradisional berwarna biru lalu pakaian tersebut digulungkan disekitar pinggangnya.

Ajang perlombaan loncat unta tersebut sebenarnya sudah ada sejak dulu. Namun karena tergerus zaman, olahraga unik tersebut mulai memudar dan hampir tenggelam. Menurut informasi, suku Zaraniq telah berhasil membuat lomba loncat unta kembali dikenal oleh masyarakat hingga bisa menjadi obyek wisata yang menarik untuk dilihat. Masyarakat sekitar memang telah mengakui bahwa para suku Zaraniq memiliki keistimewaan khusus yaitu memiliki keberanian, kekuatan dan kecepatan yang tidak biasanya. sehingga anda tidak akan heran jika para suku Zaraniq melakukan perlombaan tersebut terlihat tidak ada masalah sama sekali. Ajang perlombaan loncat unta selalu diadakan ketika ada perayaan festival tahunan ketika musim sawit berakhi dan juga ketika ada acara pernikahan.

 loncat unta, olahraga unik, berita olahraga, suku zaraniq

 BACA JUGA:

Ini Dia Olahraga Unik Dari Rembang Jawa Tengah

Uji Nyali Aman Ala BMX Freestyle

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>