Olahraga Ekstrim Menyeret Bangkai Kambing

Olahraga Ekstrim Menyeret Bangkai Kambing

Anda tentu sudah mengenal dengan jenis olahraga Polo? Polo merupakan sebuah olahraga yang cukup unik yaitu pesertanya memakai tongkat dan memainkan bola-bola kecil dengan cara didorong menuju gawang. Namun keunikan olahraga Polo sepertinya menginspirasi warga Negara Afghanistan untuk membuat sebuah olahraga yang lebih unik dan ekstrim. Ajang tersebut bertajuk “Lomba Menyeret Kambing” atau biasanya disebut sebagai Buzkashi. Olahraga ekstrim tersebut sudah terkenal di Afghanistan sampai saat ini. Namun beberapa waktu yang lalu, olahraga tersebut ternyata juga sudah dipertandingkan di Negara tetangga Afghanistan seperti Kazakhstan, India, Pakistan Utara, Kyrgyzstan, dan Uzbekistan. Jika dilihat, olahraga ini memang mirip dengan olahraga Polo seperti biasanya. Pada olahraga menyeret kambing sendiri memiliki aturan harus ada 2 tim berkuda akan tetapi obyek yang diperebutkan bukanlah bola melainkan bangkai kambing.

Aturan bangkai kambingnya sendiri juga ada aturan khusus yaitu harus tanpa bagian betis dan kepala. Selain itu aturan main dari lomba menyeret kambing ialah para peserta harus bisa merebut bangkai kambing dan jika sudah berhasil didapat mereka harus membawanya kearah gawang. Bentuk gawang di perlombaan tersebut ialah sebuah garis berbentuk lingkaran. Namun setiap peserta yang sudah berhasil mendapatkan bangkai kambing tersebut tidak serta merta tanpa halangan berarti menuju arah gawang, melainkan harus menghadapi beberapa orang dari tim lawan yang tentunya akan melakukan apa saja untuk merebut benda yang dibawanya tersebut. Berbagai cara pastinya akan dilakukan untuk bisa merebut bangkai kambing dari tangan peserta lain. Biasanya dilakukan dengan cara mencambuk kuda yang dinaiki lawan agar berlari melawan arah. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya agar pihak lawan gagal menuju gawang.

buzkashi, olahraga unik, polo, berita olahraga, olahraga ekstrim

Lalu apa yang bisa dilakukan oleh peserta yang sedang diburu oleh tim lawan? Setiap peserta diperbolehkan memakai pakaian yang sangat tebal dan juga memakai alat untuk melindungi kepala. Dengan begitu, peserta tersebut bisa terlindungi dari berbagai hal yang dilakukan pihak lawan. Ajang perlombaan ini tidaklah langsung satu hari selesai melainkan bisa sampai berhari-hari lamanya. Setiap lomba pasti ada hadiahnya, dan di perlombaan menyeret kambing ini hadiah yang diberikan bisa berupa benda dan tidaklah selalu berupa uang tunai.

Sebelum bangkai kambing dipergunakan di perlombaan tersebut, pihak panitia lomba melakukan berbagai hal. Selain kepalanya dipenggal dan bagian tangannya juga dipotong habis, bangkai tersebut langsung direndam kedalam air dingin. Setidaknya bangkai kambing tersebut direndam selama 24 jam lamanya agar nantinya bangkai tersebut tidak mudah lembek dan menjadi kuat. Terkadang pihak panitia sengaja memasukkan pasir kedalam tubuh kambing agar nantinya menambah berat bobotnya. Bagaimana? Perlombaan yang benar-benar ekstrim bukan?. Semoga artikel ini menjadi informasi baru khususnya bagi anda penyuka olahraga ekstrim.

buzkashi, olahraga unik, polo, berita olahraga, olahraga ekstrim

BACA JUGA:

Olahraga Mengerikan yang Bisa Merenggut Nyawa Anda

BASE Jumping, Olahraga Orang-Orang Yang Sudah Tak Sayang Nyawa

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>