Perjalanan Karir Tinju Chris John

Perjalanan Karir Tinju Chris John

Nama Chris John memang sudah dikenal hampir di seluruh bagian Indonesia ini sebagai seorang petinju yang telah sering mengharumkan nama bangsa baik di ajang lokal ataupun Internasional. Petinju yang bernama lengkap Yohannes Christian John tersebut memang memiliki darah seorang petinju. Johan Tjahjadi yang merupakan ayah dari Chris John merupakan seorang petinju amatir dan sengaja menurunkan ilmu tinjunya tersebut terhadap kedua anaknya diantaranya adalah Adrian dan Chris John sendiri sejak masih berusia 5 tahun. Sang ayah merasa sangat percaya bahwa Chris John memiliki kemampuan yang lebih baik daripada adiknya. Petinju yang lahir di Banjarnegara pada tanggal 14 September 1979 tersebut langsung menarik perhatian seorang petinju kenamaan Indonesia ketika itu.

Petinju legendaries tersebut ialah Sutan Rambing dari Semarang. Rambing sangat kepincut dengan kemampuan yang dimiliki oleh Chris John selama bertanding di beberapa kejuaraan yang diadakan di Banjarnegara. Petinju yang lahir dari kedua orang tuanya, Maria Warsini dengan Johan Tjahjadi tersebut berhasil mencuri perhatian publik ketika itu karena telah berhasil merengkuh gelar juara dunia setelah sebelumnya sudah pernah diraih oleh 2 petinju legendaris Indonesia. Kedua petinju tersebut ialah Nico Thomas dan Ellyas Pical. Secara resmi, Chris John masuk ke ring tinju profesionalnya pada tahun 1998 dan Firman Kanda merupakan sosok petinju pertama yang menjadi lawannya di tahun tersebut.

chris john, tinju, petinju indonesia, berita olahrags

Akan tetapi Chris John masih terlalu tangguh bagi Firman Kanda. Chris John menang KO di ronde ke-6. Karir tinju Chris John semakin melangit ketika berhasil merobohkan petinju, Muhammad Alfaridzi yang notabene merupakan sosok petinju yang diidolakan oleh Chris John sendiri. Chris John sempat merasa kesulitan untuk bisa merobohkan Alfaridzi, namun tepat di ronde ke-12, Chris John pun berhasil mengalahkannya. Setelah pertandingan tersebut, Chris John mengalami luka yang cukup serius. Pihak tim medis, menyatakan bahwa kondisi Chris John sangatlah buruk dan sering keluar darah dari hidungnya. Dan ternyata, tulang hidung Chris John dinyatakan patah. Beberapa tahun kemudian, Chris John terlihat terus Berjaya di beberapa kali dirinya masuk ring. Pengalaman paling mendebarkan ketika sang petinju berhasil menundukkan rekannya sendiri dari Indonesia, Soleh Sundava di tahun 2001lalu. Dengan hasil tersebut, Chris John pun berhasil merengkuh gelar PABA di kelas bulu.

Puncak karir Chris John ialah ketika bertarung dengan Oscar Leon di Kolombia. Pertarungan tersebut diselenggarakan di Bali pada tanggal 26 September 2003 lalu dan hal tersebut dijadikan sebagai kesempatan emas Chris John untuk membawa nama harus bangsa Indonesia di dunia tinju Internasional. Alhasil, Chris John pun berhasil merengkuh gelar WBA dengan angka yang sangatlah tipis dalam 12 ronde lamanya. Sejak tahun 2005 lalu, Chris John telah resmi menikah dengan wanita yang bernama Anna Maria Megawati dan hingga saat ini sudah dikaruniai 2 orang putri diantaranya Maria Rosa Christiani dan Maria Luna Ferisha. Anna Maria Megawati sendiri merupakan seorang mantan atlet Wushu Indonesia.

 chris john, tinju, petinju indonesia, berita olahrags

BACA JUGA:

Pertarungan UFC Minggu Ini

Olahraga Super Berat yang Bisa Menghilangkan Nyawa dalam Sekejap

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>