Tradisi Olahraga Unik Karapan Sapi Di Madura

Tradisi Olahraga Unik Karapan Sapi di Madura

Setiap daerah tentunya memiliki ciri khas tersendiri entah berkenaan dengan seni atau dengan budayanya. Antara seni dengan budaya seakan menjadi satu hal yang tidak bisa terpisahkan. Namun terkadang kebudayaan bisa menjadi inspirasi seseorang untuk menjadikannya sebagai sebuah olahraga unik yang bisa menyatukan seluruh rakyat di daerah tersebut. Salah satu contoh konkretnya adalah olahraga unik Karapan Sapi di Madura. Ajang perlombaan Karapan Sapi sudah menjadi sebuah identitas Madura pada umumnya. Biasanya event tersebut diadakan persis setiap pertengahan tahun antara Agustus sampai September. Karapan Sapi sendiri memiliki aturan yang harus dilaksanakan oleh para pesertanya ialah harus ada 1 joki dan menggunakan 2 ekor sapi.

Kedua sapi tersebut akan dipasangkan dengan menggunakan kayu pengikat dan nantinya hewan mamalia tersebut dipaksa berlari secepat dan sejauh mungkin sampai garis finish yang sudah ditentukan pihak penyelenggara. Seorang joki sangat menentukan kecepatan serta kekompakan kedua sapi tersebut ketika sedang melaju kencang. Menurut aturannya, ukuran panjang lintasan olahraga unik ini kurang lebih sekitar 100 meter jauhnya. Catatan waktu yang harus dicapai ialah dari 10 detik hingga 1 menit. Selain hanya sebagai ajang perlombaan, Karapan Sapi dianggap sebagai sebuah acara pesta rakyat atas hasil panen yang dihasilkan. Disamping itu juga dapat meningkatkan status sosial seorang warga yang memiliki sapi bertenaga dan bermental juara.

 olahraga, karapan sapi, olahraga ekstrim, berita olahraga

Bagi siapa saja yang ingin sekali mengikuti ajang tersebut setidaknya memiliki persiapan yang matang. Persiapan-persiapan yang dimaksud diantaranya persiapan uang. Dana harus benar-benar diperhatikan karena selama perawatan, persiapan sampai pendaftaran anda harus menggerus kocek yang sangatlah banyak. Menurut informasi yang didapat, dana yang harus dipersiapkan agar mendapatkan sesosok sapi yang kuat adalah sebesar 4 juta perpasang. Tidak hanya itu saja, setiap sapi diberikan jenis makanan yang berbeda dengan sebelumnya. Berbagai jamu khusus sapi serta memberikan setidaknya berpuluh-puluh telur setiap hari, harus dilaksanakan oleh sang pemilik sapi ketika menjelang perlombaan.

Efek yang ditimbulkan dari ajang olahraga unik Karapan Sapi ini sebenarnya banyak sekali. Jika kita lihat, ketika ajang perlombaan tersebut sudah dimulai, penonton di dalam arena sudah terlihat sesak. Sedangkan diluar lapangan banyak sekali para pedagang yang menjajakan dagangannya. Selain memperbaiki ekonomi para pedagang, ajang Karapan Sapi juga dapat menafkahi beberapa peramal atau dukun. Setiap pemilik sapi tentunya akan memerlukan perhitungan-perhitungan dari sang dukun sesaat sebelum memulai pertandingan. Uniknya, sesaat sebelum perlombaan dimulai, setiap pasang sapi yang ikut lomba akan diarak berkeliling arena perlombaan dengan iringan musim khas Madura, Saronen. Di babak pertama, pihak penyelenggara akan memilih kelompok yang menang dan juga yang kalah. Babak kedua, pihak penyelenggara menyeleksi kelompok yang kalah dan babak yang ketiga mencari siapa kelompok yang menang. Sang juara Karapan Sapi nantinya akan mendapatkan sebuah Piala paling bergengsi yaitu Piala Presiden. Tentu Karapan Sapi merupakan salah satu olahraga unik yang dimiliki oleh Indonesia. Ingin melihat aksi para joki Karapan Sapi? Dipersilahkan untuk pergi ke pulau Madura ya.

 olahraga, karapan sapi, olahraga ekstrim, berita olahraga

BACA JUGA:

5 Wahana Roller Coaster Paling Ekstrim Di Dunia

Olahraga Ekstrim Menyeret Bangkai Kambing

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>