Walau Berbahaya, Olahraga Guling Keju Masih Diminati

Walau Berbahaya, Olahraga Guling Keju Masih Diminati

Siapa yang tidak tahu dengan jenis makanan keju?. Biasanya, Keju disantap dengan roti tawar di pagi hari. Tanpa anda sadari, keju pernah menjadi alasan utama untuk dijadikan sebuah olahraga unik. Nama olahraga tersebut ialah Guling Keju (Cheese Rolling). Namun sebelum saya membahas mengenai detil olahraga unik tersebut sebaiknya perlu anda ketahui tentang keju itu sendiri. Keju merupakan jenis makanan yang diolah dengan cara pemisahan dalam unsur susu. Hal tersebut dilakukan dengan cara koagulasi (pengentalan). Proses untuk memisahkan unsur susu tersebut harus melalui bantuan khusus. Bantuan yang dimaksud adalah dengan cara Rennet atau yang dilakukan oleh enzim atau bakteri. Dan setelah dipisahkan, proses selanjutnya adalah dengan cara mengeringkan dan mengawetkannya.

Patut Anda ketahui, hanya dengan sebuah susu sudah dapat menjadi berbagai jenis keju. Untuk bisa membuatnya jadi berbagai jenis keju, susu harus ditentukan tipenya, temperature, pengeringan, pengeringan, pemanasan dan terakhir cara mematangkannya. Sapi merupakan hewan yang sangat banyak menghasilkan susu. Makanya, sapi dijadikan sebagai sumber susu paling banyak dikonsumsi. Sedangkan susu yang bersumber dari kerbau, kuda, domba, kambing dan unta juga bisa dijadikan keju tapi jenisnya lokal saja. Jenis makanan keju sudah dikenal di hampir seluruh dunia dan daerah yang diduga tempat pertama kali lahirnya keju adalah di Timur Tengah.

cheese rolling, berita olahraga, olahraga ekstrem,

Setelah membahas makanan keju, sekarang kita akan membahas tentang jenis olahraga unik Guling Keju. Dilihat dari cara bermainnya, olahraga ini tidaklah sesukar yang dipikirkan. Cukup dengan cara menjatuhkan semua keju yang telah ditempatkan dalam sebuah wadah yang telah dimodifikasi khusus. Gelindingkan wadah yang beroda tersebut dari tebing yang tinggi. Lalu para peserta sudah siap merebutnya satu per satu. Menurut informasi, olahraga unik ini ditempatkan di sebuah bukit yang terkenal curam didunia yaitu Bukit Cooper tepatnya di Gloucestershire. Uniknya lagi, para peserta kebanyakan tidak dalam kondisi normal melainkan dalam kondisi mabuk. Tentu anda akan tertawa-tawa melihat bagaimana merebut keju-keju tersebut.

Akan tetapi ajang olahraga unik tersebut tidaklah selalu menuai decak kagum para penonton yang melihatnya. Sebelumnya sempat terjadi kecelakaan yang cukup tragis walaupun tidak sampai memakan korban tewas. Tepatnya pada tahun 2006, ajang olahraga tersebut membuat sebuah kejutan dengan menggelindingkan keju yang berukuran super besar. Antusias para peserta pun mulai sangat banyak. Setelah lomba, tercatat 25 peserta mengalami luka-luka. Salah satu pesertanya sempat terluka cukup parah karena terguling-guling beberapa kali. Walaupun sempat dihentikan, rasa puas masih terpancar dari wajah para peserta karena memang olahraga guling keju tersebut sangatlah memacu adrenalin. Apalagi ditambah dengan hadiah yang ditawarkan oleh panitia membuat para peserta tetap bersemangat untuk mengikutinya.

cheese rolling, berita olahraga, olahraga ekstrem,

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>