Olahraga Unik Yang Menantang

olahraga menantang

Saat ini ada banyak pilihan jenis cabang olahraga namun tidak semua orang puas dengan jenis olahraga tersebut. beberapa orang cenderung memilih olahraga ekstrim karena tidak hanya menghibur tetapi jauh lebih menantang dari olahraga mainstream yang sudah ada. Memang apapun jenis olahraga ekstrim selalu membutuhkan nyali yang besar karena memang olahraga ekstrim memiliki faktor resiko yang jauh lebih besar daripada jenis olahraga mainstream.

Kecelakaan, cedera bahkan kematian menjadi tantangan dalam melakukan olahraga ekstrim namun bagi sebagian orang itu sepadan dengan kesenangan dan kepuasan saat melakukan olahraga ekstrim. Berikut adalah jenis-jenis olahraga ekstrim yang sekalipun tidak diminati oleh banyak orang namun cukup populer.

Wingsuit Flying

Jenis olahraga ekstrim ini sebenarnya bagian dari olahraga terjun payung dan masih ada sedikit kemiripan dengan skydiving. Yang membedakan wingsuit flying adalah kostum yang digunakan. secara teknis skydiving bisa mengenakan kostum apapun akan tetapi tidak untuk wingsuit flying. Olahraga ekstrim ini menuntut kita untuk mengenakan seragam khusus yang memiliki “sayap” dan “ekor” sehingga si penerjun dapat terjun sembari terbang di angkasa.

Limbo Skating

Mungkin olahraga jenis ini jarang dilakukan di banyak negara kecuali India karena memang olahraga ini cukup populer di India. Pada dasarnya olahraga ini mirip dengan skating atau olahraga sepatu roda yang membedakan adalah memerlukan keterampilan untuk berakrobat khususnya meluncur serendah mungkin. Hasilnya kaki kedua pemain limbo skating harus direntangkan selebar-lebarnya agar bisa melewati rintangan yang rendah. Ini sangat sulit karena disaat yang sama pemain harus juga menjaga keseimbangannya.

olahraga menantang, olahraga ekstrim, climbing, wingsuit flying

Base Jumping

Olahraga ini terbilang sangat berbahaya karena sudah ada beberapa orang yang tewas karena mengalami kecelakaan saat melakukan base jumping. Olahraga ekstrim ini tidak bisa dilakukan disembarang tempat karena memerlukan bangunan tinggi sebagai pijakan untuk melompat.  Bangunan yang biasa digunakan adalah gedung pencakar langit, menara, antenna, jembatan atau tebing. Pelompat harus cermat untuk memperhitungkan kapan ia harus membuka parasut agar tidak cedera.

Free Solo Climbing

Pada dasarnya jenis olahraga ekstrim ini mirip dengan olahraga memanjat lainnya seperti wall climbing, rock climbing dan sebagainya. Yang membedakan adalah free solo climbing bisa dilakukan di berbagai bidang yang tinggi. Yang paling ekstrim adalah seperti yang telah dilakukan oleh Alain Robert pendaki asal Perancis. Pria yang berjuluk Spiderman ini terkenal karena banyak memanjat gedung-gedung pencakar langit. Yang menjadikannya unik adalah Alain selalu melakukannya sendirian dan tanpa peralatan mendaki sama sekali. Salah satu yang fenomenal adalah ketika Alain berhasil mendaki gedung Petronas di Malaysia yang notabene adalah termasuk salah satu dari sekian banyak gedung paling tertinggi di dunia. Bahkan Alain juga sudah berhasil memanjat gedung pencakar langit tertinggi di dunia yaitu Burj Khalifa.

olahraga menantang, olahraga ekstrim, climbing, wingsuit flying

BACA JUGA:

Gerakan Akrobatik Dalam Olahraga Ekstrim Wingsuit Flying

Loncat Unta, Olahraga Unik Dari Yaman

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>