Risa Suseanty Ratunya Downhill Tingkat Asia

Risa Suseanty Ratunya Downhill Tingkat Asia2

Selama ini olahraga sepeda Downhill memag identik dengan kegiatan bersepeda yang ekstrim karena olahraga ini tidak hanya membutuhkan teknik mengendarai sepeda yang baik tetapi nyali yang besar untuk menuruni bukit di atas medan yang curam dan terjal. Kecelakaan seperti luka lecet, retak hingga patah tulang kerap kali terjadi dan mungkin terjadi sebagai resiko yang harus dihadapi dalam olahraga ekstrim ini.

Disamping itu olahraga ekstrim ini juga menuntut stamina yang kuat untuk mengarungi turunan yang tajam dan berbahaya. Oleh karena itu tidak mengherankan apabila kemudian olahraga sepeda downhill ini lebih cenderung didominasi oleh pria. Meskipun demikian ada juga pesepeda downhill yang jago menghadapi tantangan tersebut. Adalah Risa Suseanty seorang pesepeda downhill wanita yang memiliki nyali cukup besar untuk menekuni olahraga ekstrim ini.

Risa Suseanty sudah banyak dikenal oleh banyak penggemar sepeda downhill bukan hanya karena parasnya yang ayu maupun postur tubuhnya yang seksi namun juga karena prestasinya dalam berbagai turnamen sepeda downhill. Wanita cantik kelahiran 25 Oktober ini 1980 ini sudah melanglang buana di banyak kejuaraan sepeda downhill baik di tingkat nasional sampai tingkat internasional. Sudah pasti Risa juga mampu mencetak prestasi dalam beberapa turnamen yang ia jalani.

olahraga, downhill, risa suseanty, asia, extreme sport

Wanita asal kota Bandung ini pernah mempersembahkan medali emas untuk Indonesia dari cabang olahraga sepeda downhill pada SEA GAMES di Laos tahun 2009 silam. Pada masa itu medali persembahan Risa adalah yang pertama diberikan untuk Indonesia dan sejak itulah dia mendapat julukan Ratu Downhill Asia.

Awal karir Risa sebenarnya tidak pada olahraga sepeda downhill tetapi pada olahraga sepeda BMX lalu kemudian berkembang ke cabang olahraga sepeda Cross Country. Tercatat Risa pernah mengikuti kejuaraan tingkat Asia di Taiwan. Pada kejuaraan di Taiwan tersebut Risa memang gagal merebut posisi pertama dan harus puas di posisi runner-up untuk nomor Cross Country, sedangkan untuk nomor Downhill hanya menduduki posisi kelima.

Sebenarnya Risa berniat memperbaiki prestasinya pada SEA GAMES 1997 di Jakarta namun sayangnya saat itu ia sakit jadi urung untuk bertanding untuk nomor Cross Country. Namun mungkin nasib baik yang sedang menghampiri Risna karena justru di saat sakit Risna malah bisa menjuarai nomor Downhill dan merebut medali emas.

Rupanya medali emas yang ia raih pada tahun 1997 bukanlah medali emas satu-satunya ia berhasil ia rebut karena pada tahun-tahun berikutnya Risa juga berhasil merebut medali emas untuk nomor yang sama. Tercatat Risa meraih medali emas pada tahun 1997, 1999, 2001 dan yang terakhir pada tahun 2009.

Namun sayangnya meskipun Risa mengakui sangat mencintai olahraga sepeda namun ia mengambil keputusan bahwa ia tidak akan lagi memperkuat timnas untuk mengikuti turnamen yang sama supaya memberikan kesempatan yang lebih luas bagi bibit-bibit atlet yang lebih muda untuk berprestasi.

olahraga, downhill, risa suseanty, asia, extreme sport

BACA JUGA:

Mengenal Peralatan Downhill yang Berkualit

Tips Downhill Untuk Menghindari Cedera

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>