Taman Safari Kini Memiliki Trek Downhill

dh-3

Bagi atlet atau penyuka olahraga downhill, kini ada trek baru buat Anda taklukan. Trek baru ini adanya di kebun binatang yang ada di Cisarua Bogor, yakni di Taman Safari Indonesia. Trek downhill di Taman Safari Indonesia ini disebut trek baru karena pada tanggal 20 Februari 2013 lalu trek downhill ini rampung. Trek downhill di Taman Safari Indonesia ini memiliki panjang sejauh 1.120 meter.

Lahirnya trek downhill di kebun binatang ini adalah ide dari beberapa downhiller dan penggiat alam bebas yang ingin mempunyai trek downhill di kawasan Puncak, Bogor. Trek downhill di Taman Safari ini dimulai dari ketinggian 1.400 meter dari permukaan laut dan berakhir pada ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut. Dilihat dari selisih ketinggian titik mulai dengan selesai, trek ini memiliki elevasi yang curam. Sehingga membuat trek ini memiliki tantangan sendiri bagi siapapun yang ingin menaklukannya.

dh-2

Bagian paling sulit ketika mengarungi trek downhill di Taman Safari ini adalah pada bagian yang disebut Tembok Cina, dinamakan seperti itu karena bentuk jalur tersebut serupa dengan Tembok Cina yang ada di negeri Tirai Bambu itu. Di sisi kiri dan kanan jalur ini terdapat tembok yang tingginya sekitar 1.5 meter. Tembok ini juga merupakan tembok pembatas dengan habitat macan tutul di Taman Safari Indonesia.

Bagian Tembok Cina dikatakan paling sulit karena selain harus menjaga keseimbangan agar tidak menabrak tembok, para downhiller juga perlu ekstra hati-hati karena di jalur ini medannya licin dikarenakan adanya lumut yang berasal dari tembok tersebut. Apalagi jika mengarungi trek ini ketika cuaca sedang hujan. Untuk itu, jenis ban yang digunakan, teknik keseimbangan dan pengereman sangat diperlukan ketepatannya agar tidak terjatuh.

dh-1

Karena trek ini masih baru sehingga permukaan tanahnya masih labil, untuk itu membutuhkan beberapa waktu supaya tanah yang ada di trek downhill ini menjadi lebih padat. Ketika keadaan tanah di trek downhill Taman Safari Indonesia ini sudah stabil, maka akan sangat menyenangkan dan juga menantang untuk diarungi.

Menurut salah satu downhiller, Feri Ariaduta yang ikut mencoba trek baru ini mengatakan bahwa trek downhill di Taman Safari ini memiliki tingkat kesulitan medium-expert, sehingga jika ingin menaklukan trek ini dengan baik harus memiliki teknik yang mumpuni. Belum diketahui kapan trek downhill di Taman Safari ini akan dibuka untuk umum, tapi jika sudah akan menjadi trek yang patut dicoba oleh para downhiller.

Be Sociable, Share!

One Comment

  1. Pingback: Tempat Favorit Downhill, Menantang Adrenalin - Gila Sport

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>