UFC Turnamen Bela Diri Campuran Paling Ekstrim

UFC Turnamen Bela Diri Campuran Paling Ekstrim

Ada banyak sekali olahraga ekstrim seperti panjat tebing, terjun payung dan lain sebagainya namun pertandingan yang ekstrim masih terlalu banyak. Salah satu pertandingan yang bisa dibilang ekstrim adalah Ultimate Fighting Championship atau dikenal dengan nama singkat UFC. Yang membuat UFC ekstrim adalah karena pertandingan ini jauh lebih keras dibanding jenis pertandingan di olahraga sejenis karena teknik serangan yang diatur sangat sedikit.

UFC berbeda dengan olahraga tanding yang lain seperti karate, tinju dan lain sebagainya. Dalam olahraga yang mainstream tersebut pada umumnya dicari atlet yang terbaik yang bisa mengalahkan musuhnya, namun hal ini bukanlah menjadi tujuan dari UFC karena laga ekstrim ini bertujuan tidak hanya mencari atlet yang paling hebat tetapi juga disiplin ilmu bela diri yang paling efektif.

UFC memang berbeda dari jenis pertandingan olahraga lainnya karena dalam UFC semua atlet dari berbagai macam disiplin ilmu bela diri bisa mendaftar untuk bertanding. Ini artinya semua pertandingan tidak mempertemukan atlet dengan disiplin ilmu bela diri yang sama. Merancang pertandingan dalam UFC juga tidak bisa dibilang mudah karena harus menentukan aturan main terlebih dahulu sedangkan menentukan aturan main di UFC juga sangat sulit karena yang bertanding di UFC adalah banyak macam seni bela diri dengan aturannya masing-masing.

olahraga, ufc, bela diri campuran, olahraga ekstrim, ufc turnamen

Semisal atlet tinju dilarang memakai kaki tetapi atlet karate boleh. Aturan juga bisa menentukan menang kalahnya sang atlet dan ini bisa jadi rumit karena contohnya dalam olahraga kickboxing atlet dinyatakan kalah apabila terjatuh namun dalam judo terjatuh tidak membuat mereka kalah. Akhirnya disepakati aturan menang kalah ditentukan apabila sang atlet menyerah atau KO. Keputusan wasit, dokter pertandingan dan pelatih juga bisa menentukan siapa yang kalah. Pelatih bisa melempar handuk apabila petarungnya memang tampak tidak kuat bertanding, demikian juga dengan wasit dan dokter.

Pada masa-masa awal pertandingan UFC aturan bertanding sangatlah sederhana. Para petarung dilarang menyerang kemaluan, mata dan menggigit lawan. Selebihnya para petarung bebas bertanding sesuai dengan disiplin ilmu yang ia miliki. Bahkan para pemain tidak semuanya menggunakan sarung tinju. Ini untuk mengadaptasi jenis beladiri yang memang tidak menggunakan sarung tinju seperti karate, judo dan lain sebagainya. Satu-satuya alat perlindungan yang diperbolehkan hanyalah garet gigi.

Namun disinilah yang membuat UFC pernah dikecam sebelumnya karena pertarungan cenderung brutal. Para petarung bisa bertarung sesukanya dan banyak yang mengalami luka sampai berdarah-darah. Namun lambat laun beberapa peraturan disisipkan dalam pertandingan UFC seperti mewajibkan para pesertanya untuk melakukan cek kesehatan sebelum bertanding. Pada masa lalu setiap petarung boleh bertanding dengan petarung  mana saja dari disiplin ilmu yang berbeda sekalipun bobot tubuhnya berbeda, namun sekarang pertandingan dibagi beberapa kelas untuk memastikan petarung bertanding dengan petarung lain yang seimbang dari sisi bobot tubuh.

olahraga, ufc, bela diri campuran, olahraga ekstrim, ufc turnamen

BACA JUGA:

Uji Nyai Aman Ala BMX Freestyle

Asal Mula Pogo Stick

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>