Berbagai Teknik Dasar Bermain Bulutangkis

Berbagai Teknik Dasar Bermain Bulutangkis2

Bermain bulutangkis bisa jadi sangat menyenangkan namun tidak mudah karena dibutuhkan stamina yang tinggi mengingat jenis olahraga ini sangat cepat. Disamping itu pemain juga perlu menguasai berbagai teknik dalam bermain bulutangkis supaya dapat menang melawan lawan. Disamping itu penguasaan teknik juga penting untu efektifitas permainan.

Salah satu yang sangat penting dalam permainan bulutangkis adalah dengan teknik penguasaan raket karena dengan menguasai raket anda bisa menguasai pergerakan bola dan mungkin juga menyelamatkan posisi anda. Apabila anda tertarik untuk bermain dan mendalami permainan bulutangkis mungkin ada baiknya anda mempelajari teknik dasar bermain bulutangkis. Berikut adalah teknik-teknik dasar dalam penguasaan raket.

Forehand

Teknik cara pegang raket yang paling dasar dimana raket dipegang dengan posisi tangan sejajar seperti saat bersalaman. Tempatkan posisi jari tengah, jari manis dan kelingking berdekatan dengan ibu jari bertemu dengan ketiga jari tersebut sedangkan jari telunjuk sedikit terpisah dari semua jari tersebut.

bulutangkis, badminton, teknik dasar, raket, olahraga

Backhand

Teknik ini sama dengan teknik forehand hanya saja tempatkan ibu jari di posisi sejajar dengan gagang raket.

Dari kedua dasar teknik penguasaan raket tersebut lalu bisa menghasilkan beberapa kombinasi gerakan untuk bermain raket yaitu:

  • Pukulan atas kepala (overhead)
  • Pukulan kilas atas kepala (overhead backhand)
  • Pukulan sisi kilas (foreswing backhand)
  • Pukulan bawah (underswing)
  • Pukulan bawah kilas (underswing backhand)
  • Service forehand
  • Service backhand

Smash

Teknik pukulan dari arah atas ke bawah yang dilakukan dengan sekuat tenaga agar bola meluncur sangat cepat. untuk itulah pukulan smash identik dengan teknik serangan. Pukulan ini bisa dilakukan dengan cara berdiri ataupun meloncat (king smash atau jumping smash).

  • Pukulan smash juga bisa memiliki beberapa bentuk seperti:
  • Pukulan smash penuh
  • Pukulan smash potong
  • Pukulan smash backhand
  • Pukulan smash melingkar atas kepala

Dropshot

Pukulan ini mirip dengan smash karena bisa dilakukan dengan cepat. Yang membedakan adalah dropshot tidak selalu dilakukan dengan tenaga penuh karena ada kalanya dilakukan secara halus. Biasanya dropshot digunakan untuk memotong bola ketika melewati net sebelum bola terlalu jauh masuk ke garis kita.  Inilah mengapa biasanya teknik ini dilakukan di dekat net.

bulutangkis, badminton, teknik dasar, raket, olahraga

BACA JUGA:

Hal Unik pada Kemenangan Tontowi/Lilyana di All England 2014

Tiga Kejadian Unik di Arena Turnamen Bulutangkis Profesional

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>