5 Atlit Peraih Medali Emas Cabang Olahraga Badminton

3. 5 Atlit Peraih Medali Emas Cabang Olahraga Badminton1

Badminton atau bulu tangkis dapat dikatakan sebagai salah satu olah raga yang difavoritkan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, tidak bisa dipungkiri jika Indonesia merupakan negara yang prestasi olahraga badmintonnya cukup diperhitungkan dunia. Banyak sekali atlit-atlit badminton berbakat yang lahir dari Indonesia. Berikut ini adalah 5 atlit peraih medali emas cabang olahraga badminton asal Indonesia.

1. Alan Budikusuma

Alan Budikusuma adalah salah satu atlit cabang badminton putra asal Indonesia yang pernah memukau mata dunia di era tahun 1990an. Pria kelahiran 29 Maret 1968 ini pernah meraih medali emas di Olimpiade tahun 1992 setelah ia mengalahkan rekan senegaranya, yaitu Ardy Wiranata di babak final Olimpiade Barcelona. Tidak hanya itu, pemain tunggal putra ini juga pernah menjuarai berbagai kompetisi bulu tangkis internasional, yaitu ajang Thailand Open tahun 1989 dan 1991, China Open tahun 1991, German Open (1992), Indonesia Open (1993), Piala Dunia (1993) dan masih banyak lagi. Alan menikah dengan sesama atlit bulu tangkis, yaitu Susi Susanti yang juga merupakan peraih medali emas di Olimpiade.

2. Susi Susanti

Susi Susanti yang merupakan istri dari Alan Budikusuma ini juga berkali-kali mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah Internasional melalui keahliannya dalam bulu tangkis. Wanita yang lahir di Tasikmalaya pada tanggal 11 Februari 1971 ini mernah meraih medali emas di Olimpiade Barcelona pada tahun 1992 dan medali perak di Olimpiade tahun 1996. Seperti suaminya, nama Susi Susanti juga kerap dijadikan ikon bulu tangkis di Indonesia karena prestasinya yang luar biasa di tahun 1990an. Ia juga berhasi memenangkan beberapa kompetisi lain, misalnya All England berturut-turut pada tahun 1990, 1991, 1993 dan 1994 dan masih banyak lagi prestasi skala internasional lainnya.

3. Rexy Mainaki

Pria yang berasal dari daerah Ternate ini merupakan mantan pemain ganda putra di Indonesia yang cukup terkenal karena prestasinya. Bersama dengan partnernya Ricky Subagja, mereka berdua dikenal sebagai tim bulu tangkis tersukses di kancah Internasional. Hal ini karena mereka berhasil memenangi sekitar 30 pertandingan berskala internasional, misalnya All England, China Open, Indonesia Open, Denmatk Open dan masih banyak lagi.

4. Ricky Subagja

Atlit lain yang masuk daftar 5 atlit peraih medali emas cabang olahraga badminton adalah Ricky Subagja. Tentu saja, pria kelahiran 27 januari 1971 ini merupakan pasangan ganda putra dari Rexy mainaki. Mereka berdua berhasil menjadi pasangan ganda putra cabang olah raga badminton paling sukses di dunia.

5. Taufik Hidayat

Pria asal Bandung ini merupakan mantan juara olimpiade cabang olah raga badminton tunggal putra. Ia memenangi Indonesia Open sebanyak 6 kali. Selain itu, ia juga pernah berhasil menyabet gelar juara pada IBF World Championship.

Nah, semoga saja prestasi 5 atlit peraih medali emas cabang olahraga badminton di atas mampu menginspirasi generasi muda untuk dapat berprestasi lebih baik lagi.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>