9 Punggawa Bulutangkis Indonesia di Olimpiade

3. 6 Punggawa Bulutangkis Indonesia di Olimpiade 2

Sejak dulu kala Indonesia sangat dikenal di dunia luar karena prestasi-prestasinya,salah satunya adalah prestasi di bidang olah raga. Indonesia sangat terkenal karena telah melahirkan banyak sekali legenda bulutangkis atau badminton. Para legenda tersebut telah menjuarai hampir semua kejuaraan bulutangkis tingkat dunia dan menorehkan banyak sekali rekor yang belum terpecahkan sampai sekarang. Sebut saja ajang olimpiade, Thomas Cup, Uber Cup, Sudirman Cup, All England, dan masih banyak lagi kejuaraan yang pemenangnya didominasi oleh para pebulutangkis asal Indonesia.

Hampir semua dari legenda bulutangkis Indonesia tersebut juga pernah memenangkan ajang olimpiade yang merupakan tempat bertanding pemain-pemain terbaik dari seluruh dunia. Sehingga siapapun yang pernah memenangkan medali emas di Olimpiade pasti adalah yang terbaik di dunia. Indonesia mempunyai sembilan orang pebulutangkis yang pernah memenangi Olimpiade. Kesembilan punggawa bulutangkis Indonesia di Olimpiade tersebut antara lain:

-       Alan budi Kusuma

-       Susi Susanti

-       Candra Wijaya dan Tony Gunawan

-       Markis Kido dan Hendra Setiawan

-       Rexy Mainaky dan Ricky Subagja

-       Taufik Hidayat

Alan Budi Kusuma adalah pemenang ajang bulutangkis pada Olimpiade 1992 di Barcelona. Dia meraih emas pada ajang bulutangkis tunggal putra saat itu. Selain itu pada ajang olilmpiade pada tahun yang sama, medali emas tunggal putri juga diboyong ke Indonesia oleh Susi Susanti. Susi Susanti adalah perempuan pertama Indonesia yang berhasil memboyong emas Olimpiade dan mengibarkan bendera merah putih di ajang dunia tersebut.

 

Kini kedua punggawa Bulutangkis Indonesia di Olimpiade ini telah pensiun namun masih terus berkiprah pada dunia bulutangkis dengan mendirikan usaha dibidang peralatan olahraga bulutangkis dengan standar internasional. Bahkan Susi Susanti diminta untuk menjadi Staf ahli di  organisasi PB PBSI. Selain Susi Susanti dan Alan Budi Kusuma, pebulutangkis Indonesia yang merebut emas di Olimpiade adalah Candra Wijaya dan Tony Gunawan.

Candra Wijaya serta Tony Gunawan adalah pemain bulutangkis Indonesia pada olimpiade sydney 2000. Mereka memenangkan nomor ganda putra bulutangkis pada olimpiade tahun 2000 yang lalu. Sementara itu pada ajang Olimpiade Beijing 2008 yang mengharumkan nama Indonesia di dunia adalah Markis Kido dan Hendra Setiawan. Mereka menang di nomor ganda putra walau bermain di China yang notabene adalah kandang para pemain bulutangkis terbaik dunia.

Sementara itu punggawa bulutangkis Indonesia di Olimpiade yang lain adalah Rexy Mainaky dan Ricky Subagja yang memenangkan nomor ganda putra pada ajang bulutangkis di Olimpiade Atlanta 1996. Kini Ricky Subagja lebih berperan pada kepengurusan PB PBSI. Sementara itu pada Ollimpade 2004 Athena, yang mengharumkan nama Indonesia adalah Taufik Hidayat yang juga merupakan menantu Agum Gumelar. Taufik Hidayat memenangkan nomor tunggal putra pada Olimpiade tahun 2004 yang lalu.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>