China Masters, Indonesia Tanpa Wakil

3 China Masters, Indonesia Tanpa Wakil 1

Pamor bulutangkis Indonesia memang sedang surut. Kini di ajang China Masters, Indonesia bahkan tidak bisa mengikutsertakan wakilnya pada final. Pertandingan yang berlangsiung di China ini, tepatnya di Changzou, tidak ada wakil Indonesia di final pertandingan bulutangkis dunia ini setelah hari sabtu 14/9 kemarin pasangan Riky Widianto / Puspita Richi kalah dari ganda campuran asal Korea, Yoo Yeon Seong / Eom Hye Won. Ganda campuran Indonesia yang ada di unggulan keenam ini kalah dua set langsung dengan 21-23 / 17-21.

Pertandingan kedua ganda campuran Indonesia tersebut sangat sengit. Sejak awal memang Riky dan Richi sudah kesulitan mengimbangi lawan mereka yang berasal dari Korea ini. Pada awal-awal pertandingan, mereka tertinggal 1-4, 3-8, dan 7-12. Namun berkat semangat mereka, sedikit demi sedikit mereka mengejar ketertinggalan mereka dan sempat bisa mengungguli 18-17 dan sempat game poin 21-20 namun ternyata tidak dimanfaatkan secara maksimal dan kalah.

Pada babak kedua pil pahit yang sama juga harus ditelan Riky dan Richi. Mereka selalu ketinggalan dan tidak pernah menyamai lagi skor pemain ganda Korea tersebut. Kekalahan Riky dan Richi adalah akhir dari wakil Indonesia di China Masters karena sebelumnya padangan Markis Kido dan Pia Zebadiah juga kandas di semifinal setelah kalah dari Zhang Nan /  Zhao Zunlei dengan skor yang cukup telak 16-21, 14-21.

Sementara itu di nomor ganda putri, Indonesia juga tidak ada yang mewakili karena Nitya Krishinda Maheswari dan Greysia Polii dikalahkan oleh ganda putri nomer satu dunia, Yu Yang dan Wang Xiaoli hanya dalam waktu 29 menit dan skor 16-21 dan 11-21. Memang pertandingan ini sungguh tidak seimbang karena pasangan Indonesia belum cukup berpengalaman dan hanya menempati posisi 55 dunia.

 

Pertandingan mereka tidak kalah menegangkan. Tertinggal 0-8 mereka berusaha keras menyusul dan mampu mendekati menjadi 6-8 namun setelah itu mereka selalu tertinggal dan kalah 16-21. Pada babak kedua, mereka langsung tertinggal 11-15 dan kalah dengan 11-21. Mereka mengakui bahwa mereka kesulitan mengembalikan bola-bola yang diberikan

Hal yang sama juga dialami oleh Pia Zabadiah dan Rizki Amelia Pradipta yang lebih dahulu harus pulang. Unggulan empat ini kandas juga dari pasangan Korea Jang ye Na dan Kim So Young dalam tiga babak. Sementara itu ganda campuran Lukhi Apri Purnomo dan Annisa Saufika juga terdepak dari China Masters ini.

Mereka kalah dari Yeon Seong Yoo dan Hye Won Eom dari Korea Selatan dengan dua set langsung. Ini berarti besok partai final kemungkinan besar akan didominasi oleh pemain bulutangkis dari China dan Korea. Karena tak satupun pemain Indonesia yang lolos ke final.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>