Duet Nitya/Greysia Mengalahkan Peringkat Satu Dunia Yu Yang/Wang Xiao Li

4. Duet NityaGreysia Mengalahkan Peringkat Satu Dunia Yu YangWang Xiao Li1

Pasangan ganda putri Indonesia, Nitya Krishinda Maheswari dan Greysia Polii, sukses mengalahkan ganda putri peringkat satu dunia, Yu Yang dan Wang Xiao Li. Sukses Nitya/Greysia mengalahkan peringkat satu dunia tersebut merupakan sebuah kemenangan penting mengingat dengan raihan kemenangan tersebut, Nitya dan Greysia berhasil lolos ke babak semifinal Perancis Terbuka Super Series. Kemenangan yang diraih pada Jum’at, 25 Oktober 2013 tersebut tentu menjadi tentu menjadi sesuatu yang sangat istimewa mengingat pasangan ganda putri Yu Yang dan Wang Xiao Li adalah pasangan yang paling diunggulkan dalam ajang tersebut.

Dalam pertandingan yang digelar di Stade Pierre de Coubertin, Paris tersebut, dengan tak kenal lelah, duet Nitya/Greysia mengalahkan peringkat satu dunia tersebut dalam sebuah rubber game yang berlangsung sengit dengan skor 21-17, 14-21, 23-21. Pertandingan berjalan ketat dan melelahkan dimana pertandingan baru bisa berakhir setelah 1 jam dan 9 menit berlalu. Satu hal lain yang membuat kemenangan tersebut istimewa bagi Nitya dan Greysia adalah fakta bahwa kemenangan yang mereka raih tersebut adalah kemenangan pertama mereka atas pasangan China tersebut. Sebelumnya, ganda putrid Indonesia tersebut kalah di ajang Piala Sudirman yang berlangsung pada bulan Mei lalu kemudian kembali menelan kekalahan di ajang China Masters yang digelar pada bulan September lalu.

Pada babak semifinal yang akan digelar Sabtu ini, duet Nitya/Greysia akan berhadapan dengan ganda putri China lainnya yaitu pasangan Bao Yixin dan Tang Jinhua. Di babak semifinal sendiri, Indonesia hanya mampu meloloskan dua wakilnya. Selain pasangan Nitya dan Greysia, pasangan ganda putra Gideon Markus Fernaldi dan Markis Kido juga berhasil melaju dan akan menghadapi unggulan kelima yaitu pasangan Liu Xiaolong dan Qiu Zihan. Markus dan Kido berhasil melaju setelah menyingkirkan pasangan ganda putra Korea, Ko Sung Hyun dan Shin Baek Choel dengan skor 23-21, 21-17.

Meski pasangan ganda putri Nitya Krishinda Maheswari dan Greysia Polii serta pasangan ganda putra Gideon Markus Fernaldi dan Markis Kido mampu melenggang ke semifinal, harapan utama Indonesia yaitu ganda campuran Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir harus rela tersingkir setelah keduanya takluk di tangan pasangan ganda campuran Inggris. Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir yang merupakan juara dunia tahun 2013 disingkirkan oleh ganda campuran Inggris, Chris Adcock dan Gabrielle White dengan skor 20-22, 17-21. Sementara itu, pasangan Praveen Jordan dan Vita Marissa juga gagal melenggang ke babak semifinal setelah disingkirkan oleh unggulan 2 dari China, Xu Chen dan Ma Jin dalam dua gim dengan skor 12-21, 23-25.

Wakil Indonesia lainnya, yaitu tunggal putra Tommy Sugiarto juga gagal lolos ke semifinal setelah dikalahkan oleh Kenichi Tago. Kenichi Tago berhasi menyingkirkan Tommy Sugiarto dengan skor 19-21, 21-23. Sementara itu, wakil Indonesia lainnya, Dionysius Hayom Rumbaka juga harus rela tersingkir setelah dikalahkan oleh unggulan keempat, Jan O Jorgensen dengan skor 19-21, 13-21. Keberhasilan Nitya/Greysia mengalahkan peringkat satu dunia serta kemenangan pasangan Markus/ Kido tersebut tentu menjadi sebuah angin segar karena kemenangan tersebut menghidupkan asa Indonesia untuk membawa pulang paling tidak dua gelar juara ke tanah air.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>