Indonesia Gagal (Lagi) di Ajang Bulutangkis Dunia

4. Indonesia Gagal (Lagi) di Ajang Bulutangkis Dunia 1

Indonesia seperti mempunyai harapan baru untuk menjuarai salah satu ajang bulutangkis dunia yang sedang dilaksanakan di China ketika Sony Dwi Kuncoro berhasil lolos ke babak perempat final turnamen China Open Superseries Premiere 2013. Pemain tunggal Indonesia ini lolos ke babak perempat final setelah sukses menumbangkan Kenichi Tago, pemain tunggal putra Jepang dengan dua set langsung.

Pertarungan Sony Dwi Kuncoro dengan Kenichi Tago berjalan cukup menarik dan Sony bermain sangat bagus pada set pertama. Sejak awal pertandingan, Sony selalu memimpin perolehan angka dan akhirnya memenangi set pertama dengan skor cukup telak 21-13. Kenichi Tago mulai memperbaiki permainannya dan bangkit pada set kedua. Pemain yang diunggulkan pada posisi keempat ini bahkan sempat mengungguli perolehan poin 7-3 dari Sony.

Sony Dwi Kuncoro yang merupakan pemain tunggal putra senior Indonesia tidak tinggal diam dan berbalik mengungguli Tago setelah mencetak 8 poin secara berturutan. Sony yang memang tidak pernah dikalahkan Tago dalam 5 kali pertemuan mereka kemudian unggul 11-7.  Namun akhirnya Sony berhasil mengalahkan Tago dengan Skor 21-17 dan membawanya berhadapan dengan Chong Wei Feng dari Malaysia di babak perempat final.

Namun sayang ajang bulutangkis dunia yang digelar di China ini kembali membuat Indonesia menelan pil pahit karena Sony yang baru saja lolos babak perempat final dibantai oleh pemain muda Malaysia Chong Wei Feng. Sony kalah dengan rubber set 21-18, 14-21, dan 16-21. Pertandingan yang dilangsungkan di Yuen Shen Gymnasium antara Sony dan Wei Feng ini sangat sengit.

Pada set pertama Sony sempat tertinggal 14-12 dari Wei Feng namun kemudian ia berhasil sedikit demi sedikit menyamai skor dan bahkan mengungguli perolehan poin. Dengan pernainan yang konsisten akhirnya Sony menutup set pertama dengan 21-18. Pada set kedua Sony mulai keteteran dan melemah daya juangnya. Wei Feng dengan mudah menguasai permainan dan unggul dengan pion 12-5. Sony berusaha mengejar dan berhasil merebut lima angka secara beruntun namun Wei Feng bisa mengakhiri set dengan 21-14.

Pada set penentuan Sony tak bisa mengimbangi permainan Wei Feng sehingga pemain muda Malaysia ini langsung unggul 12-9. Selama permainan Chong bermain konsisten dan Sony keteteran sehingga akhirnya menyerah dengan 21-16. Tumbangnya Sony membuat Indonesia kalah lagi pada ajang bulutangkis dunia setelah pada even-even sebelumnya juga nihil prestasi.

Wei Feng yang berhasil menumbangkan Sony akan menghadapi unggulan dua dari China yaitu Chen Long. Sebelumnya ia lolos ke semifinal setelah mengalahkan pemian tunggal putra Malaysia Liew Daren dengan dua set langsung. Dengan hasil ini maka seluruh kontingen Indonesia akan pulang kampung dengan tangan hampa dan rasa kecewa.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>