Keanehan Shuttlecock Yang Jarang Diketahui

4. Keanehan Shuttlecock Yang Jarang Diketahui 1

Ada banyak sekali hal didunia ini yang anda kurang ketahui padahal Anda sering sekali menyentuh dan bahkan mempergunakan benda tersebut setiap hari. Misalkan Anda adalah pecinta badminton atau bulutangkis, tahukan Anda dari bulu apa shuttlecock itu dibuat dan ada berapa jumlah bulu yang dipakai? Shuttlecock adalah sebutan bola yang dipergunakan dalam olahraga bulutangkis. Sebenarnya tidak mirip bola sama sekali namun memang begitulah sebutannya.

Anda tidak akan pernah bisa menggantikan shuttlecock dengan bola lain seperti bola tenis atau bahkan bola voli. Itu karena shuttlecock memang istimewa. Bahkan ada beberapa keunikan atau keanehan shuttlecock yang mungkin Anda  tidak tahu padahal Anda sering memukulnya dengan raket Anda. Untuk Anda yang tidak tahu berikut ada sedikit info yang mungkin berguna bagi Anda.

Untuk Anda ketahui, berat shuttlecock adalah 4,74 gram sampai 5,5 gram dengan diameter kepala shuttlecock 25-28mm. sementara diameter yang dibuat oleh bulu-bulu angsa adalah 54mm. Bulu yang dipakai adalah bulu angsa atau bebek dan bukan unggas lain karena bulu angsa dan bebek mempunyai kekuatan yang lebih baik dari bulu hewan lain. Jumlah bulu yang ada di setiap Shuttlecock ada 16 buah dan tidak diketahui alasan jumlah tersebut, mungkin untuk standarisasi berat agar shuttlecock bisa terbang dengan sempurna.

Selain itu ada keanehan shuttlecock yang perlu Anda tahu yaitu bulu angsa atau bebek yang dipakai untuk membuat Shuttlecock adalah bulu dari sayap sebelah kiri. Alasan kenapa yang dipakai adalah sebelah kiri karena bagian tersebut mempunyai bulu-bulu yang paling kuat dan paling bagus untuk membuat shuttle cock. Namun kini Anda harus waspada karena banyak shuttlecock murah  yang tidak dibuat sesuai dengan standar internasional. Sebagai akibatnya, pukulan menjadi tidak terarah, sering out dan nyangkut di net.

Keanehan shuttlecock yang lain ada di museum kota Kansas. Dihalaman Kansas City Museum Anda akan melihat shuttlecock terbesar di dunia. Di salah satu kota di Amerika ini Anda bisa menyaksikan empat shuttlecock terbesar dengan ukuran jumbo yaitu 48 kali ukuran asli dengan tinggi 15 kaki dan berat sekitar 5000 pounds. Seluruh shuttlecock ini dibuat dalam lima hari saja di tahun 1994 dan terbuat dari Fiberglass dan aluminum.

Anda juga perlu tahu bahwa shuttlecock bisa terbang dengan kecepatan melebihi motor dam mobil balap. Rekor shuttlecock tercepat adalah 332km/jam yang diciptakan oleh smash Fu Haifeng, juara Olimpiade 2012. Rekor ini diciptakan pada saat Piala Sudirman tahun 2005 di China. Kecepatan ini mengalahkan smash taufik hidayat 305km/jam namun rekor ini sebenarnya masih kalah dengan kecepatan yang tercipta saat pengujian raket Yonex ArcSaber Z Slash yang mencapai 421km/jam.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>