Keunikan Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013 yang Anda Perlu Tahu

3. Keunikan Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013 yang Anda Perlu Tahu 1

Jika berbicara tentang bulutangkis, maka Anda dan kita semua tidak akan dapat lebih bangga daripada dari beberapa dekade yang lalu dimana para pebulutangkis Indonesia berhasil membawa pulang hampir semua piala kejuaraan dunia bulutangkis seperti piala Thomas dan Uber Cup, Piala Sudirman, All England, Olimpiade dan masih banyak lagi. Sekarang kualitas para pebulutangkis kita sangat merosot dan terjadi paceklik piala sampai beberapa saat yang lalu di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013 di China.

Pada kejuaraan di China tersebut, Indonesia berhasil membawa 2 gelar juara yaitu ganda putra dan ganda campuran. Pada ganda putra, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil menjadi juara setelah menaklukan atlet Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen dengan dua set langsung. Sementara itu pada ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menjadi juara setelah mengalahkan Xu Chen/Ma Jin yang merupakan peringkat satu dunia.

Terlepas dari prestasi para pebulutangkis Indonesia pada ajang kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013 China tersebut ada hal-hal unik yang bersejarah yang perlu Anda tahu. Fakta ini dikumpulkan dari berbagai sumber yang ada.  Pertama, Lin Dan menjadi juara dunia bulutangkis selama 5 kali berturut-turut. Rekor ini belum pernah ada dan Lin Dan berhasil mengalahkan musuh bebuyutanya dari Malaysia yaitu Lee Chong Wei dengan rubber set.

Gelar juara dunia lima kali berturut-turut Lin Dan sangat fantastis dan membuat Chong Wei kembali gigit jari, apalagi saat bertanding, ia mengalami serangan kram kaki dan mendapat perawatan medis pada kedudukan 17-19 walaupun akhirnya dia menyerah. Lin Dan merebut gelar juara dunianya saat di Madrid tahun 2006, Kuala Lumpur tahun 2007, Hyderabad tahun 2009 dan London 2011 serta kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013 di China.

Fakta unik lain yang Anda perlu tahu adalah pebulutangkis muda Thailand yang menjadi juara dunia. Pada final di China, Ratchanok Inthanon berhasil menjadi juara dunia BWF World Badminton Championship 2013 setelah berhasil mengalahkan pebulutangkis unggulan pertama China, Li Xuerui dengan rubber set. Atlet yang baru berumur 18 tahun ini tampil dengan mengejutkan mengungguli pebulutangkis rangking satu dan sontak ia menjadi headline di berbagai surat kabar Asia.

Selanjutnya adalah fakta yang sangat menarik bagi pecinta bulutangkis Indonesia karena Liliyana Natsir jadi pebulutangkis yang meraih gelar juara dunia tiga kali. Ini adalah rekor yang tidak main-main karena hanya ada satu orang yang pernah meraih juara dunia tiga kali yaitu Park Joo-bong. Rekor ketiga Liliana Natsir ini diraih bersama Tontowi Ahmad di ajang ganda campuran Kejuaraan Bulutangkis 2013 yang lalu. Sementara itu fakta yang terakhir adalah munculnya calon pengganti Siana Nehwal dari India yaitu PV Sindhu yang masih berusia 18 tahun.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>