Negara-negara Tersukses dalam Ajang Thomas Cup Sepanjang Masa

3. Negara-negara Tersukses dalam Ajang Thomas Cup Sepanjang Masa3

Selama Piala Thomas atau Thomas Cup digelar sejak tahun 1949 silam, hanya ada tiga negara saja yang sukses manyabet gelar juara yaitu Indonesia, Cina dan Malaysia. Meski begitu, terdapat 5 negara yang bisa dinobatkan sebagai negara-negara tersukses dalam ajang Thomas Cup. Dengan total 13 gelar juara, tim Indonesia menjadi negara tersukses dalam ajang Piala Thomas dimana tim Indonesia berhasil menyabet empat gelar secara berturut-turut pada periode tahun 1970 sampai tahun 1979 serta lima gelar berurutan pada kurun waktu tahun 1994 sampai tahun 2002. Tim Cina bangkit setelah selama 10 tahun berada di bawah cengkraman Indonesia ketika tim China berhasil memenangkan gelar ke-5 mereka di Jakarta pada tahun 2004. Berikut adalah daftar 5 negara yang termasuk dalam jajaran negara-negara yang paling sukses dalam ajang Thomas Cup.

1.   Indonesia

Sukses menjadi juara sebanyak 13 kali dan menjadi runner up sebanyak 5 kali, tim bulutangkis Indonesia yang bernaung dibawah organisasi PBSI belum pernah absen dari ajang Thomas Cup sejak pertama kali masuk serta memenangkan kompetisi pertamanya pada tahun 1958. Tim Indonesia adalah tim tersukses di ajang Thomas Cup dimana tim bulutangkis pria Indonesia telah berpartisipasi sebanyak 23 kali, menyabet gelar juara sebanyak 13 kali, serta tidak pernah gagal lolos. Selain itu, tim Indonesia juga selalu tampil di pertandingan terakhir atau lebih tepatnya, selama 18 kali serta tidak pernah gagal dalam menempatkan timnya diantara empat tim bulutangkis teratas dunia. Tim pria Indonesia juga telah memenangkan kejuaraan perdana Piala Axiata 2012 dimana sepanjang turnamen, tim senior yang bertajuk Garuda Indonesia sukses mengalahkan tim junior mereka, Indonesia Rajawali dengan agregat 5-1.

2.   Republik Rakyat China

Selain tim Indonesia timnas bulutangkis Cina yang berhasi menyabet gelar juara sebanyak 8 kali dan menjadi runner up sebanyak 2 kali juga termasuk dalam jajaran negara-negara tersukses dalam ajang Thomas Cup. Timnas Cina atau tim Republik Rakyat China berada dibawah naungan Asosiasi Bulutangkis Republik Rakyat Cina dan sukses menyabet gelar juara Piala Thomas sebanyak 8 kali serta Piala Uber sebanyak 11 kali. Tim China juga merupakan tim bulutangkis yang memenangkan lebih banyak medali bulutangkis daripada negara lain di ajang Olimpiade.

3.   Malaysia

Timnas bulutangkis Malaysia berhasil menjadi juara sebanyak 5 kali dan menjadi runner up sebanyak 8 kali dalam ajang Thomas Cup atauPiala Thomas. Tim bulutangkis pria Malaysia terakhir kali menjadi juara pada tahun 1992. Namun begitu, bertolak belakang dengan tim bulutangkis prianya, tim bulutangkis wanita negeri Jiran justru belum pernah meraih gelar juara setelah berhasil lolos ke ajang Piala Uber sebanyak tujuh kali. Malaysia merupakan negara pertama yang berhasil menjadi juara pada ajang Thomas Cup ketika ajang tersebutpertama kali digelar.

4.   Denmark

Tak hanya Indonesia, China, dan Malaysia, Denmark yang sukses menjadi runner up sebanyak 8 kali di ajang Thomas Cup juga masuk dalam daftar negara-negara paling sukses di ajang Thomas Cup. Timnas bulutangkis pria Denmark dikontrol oleh sebuah badan untuk bulutangkis di Denmark yaitu Danmarks Bulutangkis Forbund. Tim Denmark merupakan tim bulutangkis asal Eropa yang tangguh dan selalu diperhitungkan oleh tim-tim lawan. Tim Demnark berhasil menjadi runner up di ajang Thomas Cup pada tahun 1949, 1955, 1964, 1973, 1979, 1996, 2004, serta pada tahun 2006.

5.   Korea Selatan

Satu negara lagi yang masuk dalam daftar negara paling sukses di ajang Thomas Cup yaitu Korea Selatan. Tim yang mewakili Korea Selatan pada kompetisi bulutangkis beregu internasional tersebut berhasil menjadi runner up di ajang Thomas Cup sebanyak 1 kali. Tim Korea Selatan berhasil menjadi runner up di ajang Thomas Cup yang digelar di Jakarta, Indonesia, pada tahun 2008. Meski belum pernah menjadi juara, Tim Korea Selatan tetap menjadi salah satu negara-negara tersukses dalam ajang Thomas Cup.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>