Pebulutangkis Indonesia Yang Dicomot Negara Asing

3. Pebulutangkis Indonesia Yang Dicomot Negara Asing 1

Indonesia tidak hanya produktif menghasilkan koruptor kelas kakap namun banyak juga menghasilkan atlet berkelas dunia khususnya dalam cabang bulu tangkis. Dari sekian legenda bulu tangkis dunia, sebagian besar dari mereka berasal dari Indonesia, sebut saja Rudy Hartono, Susi Susanti dan banyak lagi. Rupanya kemampuan para pebulutangkis Indonesia tersebut menarik minat banyak negara asing untuk menarik mereka menjadi warga negaranya dengan segala fasilitas dan tunjangan serta gaji yang menarik.

Berikut ini adalah beberapa pemain bulu tangkis Indonesia yang dicomot oleh negara asing. Yang pertama adalah Albertus Susanto Njoto yang digaet oleh Hongkong untuk mewakili mereka diajang bulu tangkis tingkat internasional. Susanti Njoto ini adalah salah satu pemain bulu tangkis yang dulu bernaung di PB Tangkas dan sempat masuk pelatnas. Karena ketatnya persaingan di pelatnas Njoto mengundurkan diri dan berpindah ke Hongkong.

Prestasi Susanto Njoto saat masih di Indonesia sangat banyak, antara lain juara Filipina terbuka dan saat menjadi atlet Hongkong, Njoto adalah salah satu anggota dari tim Thomas dan tim Sudirman Hongkong. Sementara itu, atlet kedua yang juga dinaturalisasi oleh negara asing adalah Halim Haryanto Ho. Pebulutangkis Indonesia berumur 34 tahun ini paling jago bermain dalam kelas ganda namun kini Halim Haryanto telah menjadi warga negara Amerika Serikat.

 

Di  Amerika Serikat Halim Haryanto ditugaskan mewakili Amerika dalam ajang bulu tangkis tingkat internasional dan kini setelah dia pensiun menjadi pelatih bulu tangkis di sebuah klub di Orange County, California dan jugamelatih di Bay Badminton Center. Prestasi Haryanto sangat gemilang karena pernah menjadi juara dunia ganda putra tahun 2001, juara All England, dan penentu Indonesia menjadi juara dalam Piala Thomas tahun 2002 di China. Sementara sebagai atlet Amerika Haryanto menjuarai China Taipei Open 2005, Bitburger open 2005, U.S. Open tahun 2006 dan 2008.

Hampir keseluruhan rekor Halim Haryanto dicetak saat berpasangan dengan Tony Gunawan, baik saat masih menjadi atlet Indonesia maupun setelah menjadi atlet Amerika karena Tony Gunawan sendiri juga dinaturalisasi oleh negara Amerika bersamaan dengan Halim Haryanto. Tony Gunawan adalah salah satu pebulutangkis Indonesia yang paling berbakat. Banyak sekali penghargaan yang diraihnya dan kini dia menjadi warga negara Amerika dan melatih disana.

Rekor Tony Gunawan yang sangat membanggakan Indonesia antara lain adalah Medali Emas Olimpiade 2000, juara All England 1999 dan 2001, Juara Thomas Cup, juara Asia Championship, Indonesia open, World Championship, Japan open, Malaysia Open, Ipoh Master dan banyak lagi. Sementara saat menjadi atlet Amerika Tony Gunawan menjuarai USA Open 2002, 2003, 2004, dan 2006, juara German Open. Dutch Open, OCBC, SCBA, Japan Open, Indonesia Open, dan banyak lagi.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>