Prestasi Legenda Bulutangkis Dunia

3.Prestasi Legenda Bulutangkis Dunia1

Bulutangkis merupakan salah satu olahraga populer setelah sepakbola. Ini terbukti dengan banyaknya ajang bergengsi bulutangkis. Dari ajang bergengsi tersebut muncullah beberapa nama yang dianggap sebagai legenda bulutangkis dunia. Lalu, siapa saja pebulutangkis yang dianggap sebagai legenda bulutangksi dunia?

Berikut ini beberapa nama yang mungkin juga pebulutangkis favorit Anda. Nama pebulutangkis pertama yang menjadi legenda bulutangkis dunia adalah Sir George Alan Thomast Atlet ini memang seorang atlet yang serba bisa. Buktinya, ia tidak hanya berhasil berkiprah di dunia bulutangkis saja.

Ia berhasil menjuarai ajang catur di Inggris tahun 1923 dan 1934. Selain itu, ia juga berhasil menjadi semifinalis ganda putra tenis Wimbledon 1911 bahkan berhasil mengumpulkan gelar ALL England paling banyak. Thomas berhasil menjadi 4 kali juara tunggal putra pada tahun 1920-1923, 9 kali juara ganda putra tahun 1913-1924 dan 8 kali ganda campuran.

Di tahun 1939 ia juga menyumbangkan trofi kejuaraan beregu putra dunia. Judy Hashman menjadi nama pebulutangkis berikutnya yang menjadi legenda bulutangkis dunia. Sangat wajar jika ia menjadi pebulutangkis legendaris karena memang memiliki bakat dari ayahnya, Frank Devlin. Judy berhasil menjadi kekuatan bulutangkis putri hingga pertengahan awal 1960an.

Perempuan hebat ini berhasil memenangi Piala Uber 3 kali berturut-turut di tahun 1957 hingga 1963 dan mempersembahkan Piala bergengsi tersebut untuk AS. Karirnya termasuk menjadi 83 kali juara baik nasional dan internasional ternasuk 17 kali di All England di tahun 1954-1967. Anda patut bangga karena salah satu pebulutangkis Indonesia masuk dalam jajaran legenda bulutangkis dunia. Rudi Hartono dimasukkan dalam legenda karena ia sering sekali menjuarai tunggal putra ALL England hingga tahun 1976.

Ia berhasil menjadi juara sebanyak 8 kali di ALL England serta 6 kali memperkuat tim Piala Thomas Indonesia dengan 3 kali naik podium pertama di tahun 1967-1982. Atlet bulutangkis yang berasal dari Asia dan masuk dalam jajaran legenda bulutangkis dunia adalah Li Yong Bo. Uniknya, ia merupakan atlet yang ditakuti oleh lawan-lawannya saat berpasangan dengan Tian Bingyi. Hal ini membuatnya berhasil merebut Piala ALL England sebanyak 3 kali dan bahkan 2 kali menjadi juara dunia dengan prestasinya di Piala Dunia dan Final Grandprix pada tahun 1987-1991.

Saat ini, ia menjadi pelatih kepala untuk tim nasional China. Ia benar-benar membuat China merajai dunia bulutangkis hingga 10 tahun terakhir. Selain Rudi Hartono, Christian Hadinata juga menjadi salah satu legenda bulutangkis dunia dalam sejarah. Ia juga pemain yang memiliki paling banyak pasangan saat mengoleksi gelar. Terhitung 10 putra dan putri menjadi partnernya saat menjuarai berbagai turnamen. Gelar tersebut termasuk 3 kali juara dunia pada kurun waktu 1971-1985. Ia juga memperkuat tim Thomas sebanyak 6 kali di tahun 1973-1986 dan 3 diantaranya berhasil menjadi juara.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>