Indonesia Siapkan Atlet Untuk Menangi Asia Junior Championship 2014

Kevin Sanjaya dan Masita MahmudinIndonesia vs China

Ajang bergengsi bulu tangkis untuk kelas junior akan segera di gelar dalam event Asia Junior Championship tahun 2014 ini di Taiwan. Indonesia sebagai negara yang memiliki segudang atlet bulu tangkis tentunya tidak akan menyia-nyiakan event besar ini guna menggembleng para atlit muda kelas junior untuk bertanding di laga regional. Indonesia melalui PBSI pun sudah bulat mengirimkan utusannya untuk bertanding di laga tersebut dengan mengirimkan Jonathan Christie.

Jonathan Christie dalam laga yang akan datang tersebut memanggul beban yang sangat berat karena PBSI menugaskan dia untuk bertanding dengan target juara pada kategori tunggal putra. Meskipun demikian Jonathan Christie menyebutkan bahwa dia sudah siap untuk berlaga karena telah menyelesaikan serangkaian persiapan. Selama 1,5 bulan Jonathan Christie menjalani pelatihan persiapan di pelatnas Cipayung. Adapun persiapan tersebut meliputi persiapan mental dan teknis atau fisik. Selama persiapan di pelatnas tersebut Jonathan Christie mendapatkan porsi 80% latihan mental dan sisanya latihan teknis dan fisik. Salah satu alasan mengapa porsi pelatihan tidak berimbang dan lebih menitik beratkan di sisi mental adalah dengan alasan usia. Jonathan Christie dengan usia 16 tahun masih masuk kategori remaja atau bahkan anak-anak sehingga secara mental masih sangat labil.

asia junior championship, berita olahraga, bulutangkis, atlet bulutangkis, jonathan christie

Dalam pertandingan bulu tangkis kestabilan emosi sangat berperan penting bagi performa dan kualitas pemain bulutangkis. Ini karena permainan bulu tangkis membutuhkan stamina dan konsentrasi yang tinggi dan konsentrasi tersebut bisa di dapat apabila sang pemain sepenuhnya terfokus pada pertandingan. Bagi remaja seusia Jonathan Christie kestabilan mental bisa menjadi masalah serius terhadap performanya. Emosi yang labil membuat remaja mudah sekali meletup-letup sampai kelewat batas yang akhirnya membuat mereka tidak lagi bisa melancarkan serangan yang efektif atau gagal fokus kepada lawan. Ini belum lagi menghadapi tekanan dari supporter mengingat pada laga mendatang Jonathan Christie tidak main di kandang.

Pada masa persiapan yang lalu Jonathan Christie memang sempat mengalami kendala fisik karena dia sempat hampir mengalami gejala tipes yang memaksanya untuk beristirahat sejenak. Akan tetapi akhirnya Jonathan Christie bisa pulih kembali dan saat ini sedang dalam kondisi fisik yang prima. Kini Jonathan Christie optimis dapat bertanding di ajang bulu tangkis tingkat remaja tersebut dan tampil sebagai pemenang karena baginya target juara bukanlah pesanan dari PBSI tetapi adalah juga target yang dia pasang sendiri dan dia mengatakan siap untuk menjawab tantangan tersebut.

Pada ajang Asia Junior Championship mendatang sebenarnya Junior Christie bukan satu-satunya atlet bulu tangkis dari Indonesia karena PBSI juga mengirimkan 20 orang atlet lainnya untuk bertanding. Para atlet yang dikirimkan tersebut tidak hanya untuk nomor tunggal tetapi ada juga yang akan bertanding di nomor ganda.

 asia junior championship, berita olahraga, bulutangkis, atlet bulutangkis, jonathan christie

BACA JUGA:

4 PEBULUTANGKIS WANITA YANG TERKENAL CANTIK JELITA

FAKTA UNIK YANG BELUM ANDA KETAHUI TENTANG OLAHRAGA BULU TANGKIS

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>