Kejadian Unik di Turnamen Bulutangkis : Ganti Raket Saat Rally Berlangsung

Kejadian Unik 1

Pertandingan bulutangkis bisa dikatakan pertandingan yang sangat serius dan cepat sehingga para pemain bahkan penonton merasakan tegang selama berjalannya pertandingan. Namun seperti halnya cabang olahraga lainnya selalu saja ada kejadian-kejadian unik dan tak terduga yang menghiasi pertandingan tersebut.

Kejadian unik dan tak terduga bisa terjadi atau dilakukan oleh penonton, pemain atau bahkan panitia. Apapun itu sedikit banyak ini memberikan sedikit improvisasi sehingga pertandingan bulutangkis menjadi lebih menarik. Berikut adalah beberapa kejadian unik dan tak terduga yang pernah terjadi di turnamen bulutangkis yang bergengsi.

Djarum Indonesia Open Series

Mungkin ini kedengarannya gila, bagi orang awam tentunya akan sangat beresiko meninggalkan arena pertandingan untuk mengganti raket padahal lalu lintas bola masih berjalan. Kejadian unik ini pernah terjadi saat turnamen Djarum Indonesia Open Series untuk nomor ganda putera antara Korea Selatan yang diwakili oleh Lee Yong Dae dan Jung Jae Sung melawan tim ganda putera China Cai Yun dan Fu Haifeng. Saat berlangsungnya rally mendadak Jung Jae Sung meninggalkan arena untuk mengganti raket. Otomatis pasangannya Lee Yong Dae kerepotan untuk menyelamatkan areanya. Hebatnya lagi sekembalinya Jung Jae Sung ke arena rally masih saja berlanjut seakan tidak terjadi apa-apa.

Swiss Open

swiss open, unik, bulutangkis, raket, rally

Pada turnamen Swiss Open pada tahun 2009 yang lalu kejadian yang hampir mirip juga terjadi. Pemain ganda yang kala itu bermain untuk Malaysia Yohanes Hogiyanto/Hafiz Shaharudin juga mengalami hal yang sama. Hogiyanto harus keluar sebentar dari arena ditengah rally untuk mengganti raketnya di dalam tas yang terletak di tepi arena. Ini karena Hogiyanto merasakan bahwa senar raket yang ia pakai itu putus. Untungnya Hafiz masih bisa mengembalikan serangan bola sendirian dari dua pemain lawannya sambil menunggu Hogiyanto masuk kembali di arena.

Lucunya lagi adalah Hogiyanto tak menyadari bahwa raket yang ia ambil dari tasnya bukanlah raket bulutangkis tetapi raket untuk Squash dan raket ini ia pakai terus selama rally berlangsung karena ia tak sadar kalo ia salah raket. Baru setelah rally berakhir rekannya Hafiz yang mengingatkan bahwa Hogiyanto salah ambil raket dan ia pun tertawa.

China Open Series

Sebenarnya hal serupa juga pernah dialami oleh pemain Indonesia saat tim ganda putri Gresya/Flandy bertanding melawan pasangan ganda putri China Yu Yang/He Hanbin di babak perempat final di turnamen China Open series. Flandy ditengah rally memutuskan keluar arena untuk mengganti raket lantaran dia merasa salah satu senar raket putus. Begitu Flandy kembali ke arena dengan raket baru rally masih tetap berlanjut sepertinya normal-normal saja.

Sebenarnya kejadian mengganti raket saat rally berlangsung termasuk sering terjadi namun entah kenapa ini seringkali menimpa pebulutangkis asal Indonesia. Bahkan pebulutangkis ternama Indonesia Ricky yang berpasangan dengan Rexy pada tahun 1996 juga malah lebih dari satu kali mengganti raket saat rally berlangsung. 

swiss open, unik, bulutangkis, raket, rally

BACA JUGA:

Hal Unik pada Kemenangan Tontowi/Lilyana di All England 2014

Tiga Kejadian Unik di Arena Turnamen Bulutangkis Profesional

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>