Tips Khusus Mempersiapkan Bermain Tennis Meja

Tips Khusus Mempersiapkan Bermain Tennis Meja

Tennis meja merupakan salah satu cabang olahraga yang paling saya gemari. Semenjak kecil saya sudah diajari oleh bapak yang notabene merupakan mantan atlet tennis meja di jamannya. Seperti yang Anda ketahui, bermain tennis meja tidaklah terlalu mudah namun jangan dibuat enteng. Jika Anda tertarik untuk belajar bermain olahraga tersebut, disini saya akan memberikan beberapa tips khusus untuk melatihnya. Karena tanpa adanya tips khusus mustahil Anda akan langsung bisa memainkan olahraga tersebut dan bisa memenangkan pertandingan.  Sebelum saya memberikan tips-tips khususnya, sedikit ingin menjelaskan sejarah tentang tennis meja itu sendiri.

Tennis meja bisa disebut juga dengan ping pong. Olahraga tersebut dimainkan oleh dua orang atau bisa juga dengan berpasang-pasangan (ganda). Alat –alat yang diperlukan ialah pemukul yang berupa raket terbuat dari kayu. Kayu tersebut dilapisi khusus oleh karet. Biasanya banyak orang menyebutnya dengan sebuatan bet. Alat-alat lainnya ialah bola ping pong berbentuk bulat kecil dan lapangan berbentuk persegi panjang yang terbuat dari kayu.  Di Indonesia, olahraga cabang tennis meja memiliki induk atau badan yang mewadahinya yaitu Persatuan Tennis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI). Kalau badan dunia yang mewadahi olahraga tersebut ialah International Table Tennis Federation (ITTF).  Jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai masa depan olahraga ini karena pastinya akan selalu dipasang di event nasional maupun internasional. Nah, ini beberapa tips khusus bagi Anda yang ingin memiliki strategi untuk bermain tennis meja.

tennis meja, berita olahraga, main tenis

  1. Peregangan. Istilah lain dari peregangan ialah pemanasan. Lakukan jogging selama kurang lebih 5-6 menit dan hendaknya lakukan 10 menit sebelum dan sesudah bermain.
  2. Menentukan target. Anda harus bisa melakukan ini karena akibat yang dirasakan adalah meningkatnya level permainan tennis meja Anda. Tentukan target lawan yang akan dihadapi.
  3. Pakailah peralatan yang memiliki kualitas tinggi. Jika Anda bisa menggunakan peralatan yang bagus, maka hasilnya juga berpengaruh. Namun jangan menjadi patokan. Karena alat tidak selalu menentukan menang atau kalahnya anda.
  4. Berlatih tanpa menggunakan meja. Ada cara lain selain harus berlatih dengan bermain tennis meja. Biasanya dilakukan dengan cara beraerobik, bersepeda, berenang, berlari dan berjalan.
  5. Menentukan teman berlatih. Jika Anda memilih teman berlatih yang kemampuan bermainnya kurang, maka hal tersebut juga berpengaruh pada hasil yang Anda akan capai. Namun sebaliknya, jika teman Anda bagus, maka kualitas permainan Anda juga akan membaik.
  6. Berlatih servis. Servis merupakan teknik yang sangat penting. Hendaknya dilakukan dengan cara mengumpulkan bola-bola ping pong dan mulai berlatih dengan menyervisnya satu persatu. Lakukan berulang kali agar teknik Anda semakin meningkat terutama untuk urusan menyervis.

Itulah sebagian tips khusus bagaimana cara merencanakan porsi latihan dalam bermain tennis meja. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba dirumah ya.

 tennis meja, berita olahraga, main tenis

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>