Lee Yong Dae dan Kim Ki-Jung Kena Sanksi 1 Tahun

lee yong dae

Kabar kurang mengenakkan datang dari dua atlet bulutangkis top Korea Selatan, Lee Yong-dae dan Kim Ki-jung. Keduanya kini sedang mendapat sanksi dari Federasi Bulutangkis Dunia karena dianggap dengan sengaja menghindari tes doping yang dilakukan oleh otoritas tertinggi olahraga bulutangkis dunia tersebut beberapa waktu lalu. Dan diantara sanksi yang dikenakan adalah larangan untuk mengikuti perlombaan bulutangkis, baik lokal Korea Selatan maupun di pentas dunia.

Sanksi ini tentu saja membuat semua pihak terutama official bulu tangkis Korea Selatan kebingungan, mengingat pada tahun ini mereka menjadi tuan rumah penyelenggaraan Sea Games 2014. Dan tanpa kehadiran pebulutangkis andalan mereka, maka segalanya akan lebih rumit bagi Korea Selatan.

Seperti yang dilansir dari Reuters, baik Lee Yong-dae dan Kim Ki-jung masing-masing diganjar sanksi tidak boleh bertanding selama 1 tahun, karena gagal memberikan keterangan keberadaan serta atas ketidak hadiran mereka saat tes doping diselenggarakan oleh regulasi antidoping BWF

Menurut BWF, ini bukan pertama kalinya bagi kedua atlet tersebut mangkir dari regulasi BWF. Bahkan menurutnya baik Kim maupun Lee telah 3 kali gagal memenuhi persyaratan administrasi BWF. Menurut mereka, apa yang telah dilakukan oleh kedua atlet tersebut merupakan kesengajaan dan tidak menghormati regulasi yang sudah ditetapkan oleh BWF.

Mengenai sanksi yang diberikan, hal tersebut akan mulai efektif sampai tanggal 23 Januari 2015 tahun depan. Ini berarti, hampir bisa dipastikan kedua atlet tidak akan bisa tampil di ajang Sea Games yang diselenggarakan di negaranya tersebut.

 lee yong dae, kim ki-jung, badminton, berita olahraga

Namun begitu, menurut Asosiasi Bulutangkis Korea Selatan, hukuman tersebut terlalu dibesar-besarkan dan tidak pantas untuk diberikan untuk pelanggaran yang sekecil itu. Pihak asosiasi akan melakukan segala cara untuk membela atletnya tersebut, termasuk dengan membawa kasus ini kepada Badan Arbitrase Olahraga.

Langkah ini diambil juga karena berbagai alasan, salah satunya adalah fakta bahwa mereka sedang akan menyelenggarakan Sea Games 2014 dan membutuhkan kehadiran duo atlet tersebut untuk menyemarakkan pertandingan di cabang bulutangkis. Tanpa kehadiran mereka, cabang bulutangkis mereka akan benar-benar kacau atau kalau tidak mereka harus mencari pengganti yang sesuai untuk mengisi kekosongan atlet.

Lee dan Kim tidak lagi berada dalam satu tim. Lee saat ini dipasangkan dengan Ko Sung Hyun, dan mereka tampil sangat serasi. Sedangkan untuk Kim, dia saat ini berada dalam satu tim bersama dengan Kim sa Rang

Masih menurut pihak otoritas bulutangkis Korea Selatan, alasan ketidak hadiran kedua atlet adalah karena pada saat tim antidoping datang berkunjung untuk pemeriksaan rutin, baik Kim dan Lee sedang mengikuti turnamen lokal dan internasional. Sehingga tidak memungkinkan bagi mereka untuk pulang secapatnya dan melakukan tes seperti yang telah ditentukan.

lee yong dae, kim ki-jung, badminton, berita olahraga

BACA JUGA:

Ganda dan Tunggal Putri Indonesia Gagal Di Malaysia Open

Daftar Pebulutangkis Berpenghasilan Terbanyak

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>