Legenda Pebulutangkis Putri Indonesia di Kancah Turnamen Bulutangkis Dunia

Legenda Pebulutangkis Putri Indonesia di Kancah Turnamen Bulutangkis Dunia2

Indonesia pernah dan bahkan masih dikenal sebagai negara yang memiliki segudang atlet bulutangkis yang hebat. Ini berdasarkan kenyataan bahwa pebulutangkis Indonesia masih diperhitungkan bagi para lawan-lawannya di berbagai turnamen bulutangkis dunia, walaupun dibandingkan dengan 1 dekade yang lalu, saat ini prestasi atlet bulu tangkis Indonesia merosot tajam.

Sejarah mencatat bahwa tidak hanya pebulutangkis putra seperti Rudi Hartono, Liem Swie King, Alan Budi Kusuma yang memiliki prestasi di kancah turnamen bulutangkis Indonesia dan kerap kali mengharumkan nama Indonesia di depan dunia internasional, namun juga putri-putri nya, para srikandi bulutangkis Indonesia ternyata tak jarang juga turut mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Berikut adalah beberapa pebulutangkis putri legendaris yang dimiliki oleh Indonesia.

Minarni Soedaryanto

Dikenal sebagai srikandi bulutangkis dari tahun 1959 hingga 1975-an. Minarni bergabung di Pelatnas saat masih berusia belia yaitu 15 tahun. Ada banyak prestasi gemilang yang berhasil ia raih yaitu diantaranya Juara Malaysia Terbuka, Juara All-England, Amerika Terbuka, Asian Games, Kanada dan piala bergengsi Uber Cup. Kesemuanya dicapai beliau selama karirnya di dunia bulu tangkis.

Minarni adalah salah satu pebulutangkis putri bersama tim putri lainnya seperti Theresia Widyastuti, Imelda Wiguna, Utami Dewi, Regina Masli, Tati Sumirah tercatat dalam sejarah Indonesia telah berhasil membawa pulang Piala Uber ke Indonesia. Dan pada tahun 1975 beliau pun akhirnya menyatakan pensiun dari keikutsertaannya di berbagai kompetisi dunia, namun masih tetap berpartisipasi di dunia bulu tangkis dari luar lapangan.

Verawaty Wiharjo

Terkenal di era 1980-an dengan meraih banyak sekali gelar juara di berbagai nomor pertandingan mulai dari nomor tunggal putri, ganda putri maupun ganda campuran. Sebagian prestasinya antara lain Juara Dunia tahun 1980, Juara Sea Games 1981, Juara Indonesia Terbuka 1982. Sedangkan untuk nomor ganda putri dan campuran Verawaty bersama Verawaty Wiharjo Imelda Wiguna berhasil meraih Juara Belanda terbuka tahun 1977, Juara Denmark tahun 1977-1978, Juara All England 1979, Indonesia Terbuka 1986 dan lain sebagainya.

Ivanna Lie Ing Hoa

Prestasi Ivanna terbilang tidak bisa diremehkan karena sudah banyak gelar juara yang ia raih seperti juara tunggal putri untuk Juara Denmark Terbuka 1977, Juara Indonesia Terbuka 1983, Juara SEA Games 1979, 1983, Juara Taiwan Open 1982, 1984 dan lain sebagainya. Selain nomor tunggal putri pebulutangkis Ivanna juga berprestasi saat bermain di nomor ganda putri dan juga ganda putri dan ganda campuran.

Walaupun terkadang luput dari pemberitaan publik dan selalu berada di balik baying-bayang para pebulutangkis pria, namun hal tersebut tidak menyurutkan niat dan tekad para srikandi bulutangkis Indonesia ini untuk terus menorehkan prestasi mereka baik di laga nasional maupun internasional.

bulutangkis, olahraga, legenda, puteri, gila raket

BACA JUGA:

Tiga Kejadian Unik di Arena Turnamen Bulutangkis Profesional

Hendrawan/Ahsan Sukses Pasangkan Gelar Juara Ganda Putra dan Putri

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>