Sejarah Tenis Meja dan Perkembangannya

Sejarah Tenis Meja dan Perkembangannya3

Olahraga tenis meja atau lebih dikenal luas dengan sebutan ping-pong bisa disebut olahraga yang sangat menegangkan karena pergerakan bola sangat cepat sehingga kita terkadang mengalami kesulitan untuk mengikuti arah bola. Seperti halnya banyak jenis olahraga lainnya tenis meja juga memiliki sejarahnya sendiri.

Sejarah tenis meja tergolong cukup panjang dan bahkan banyak dari kita yang tak banyak mengetahui bahwa olahraga tenis meja sebenarnya sudah ada pada dua millennium sebelum sekarang walaupun dengan bentuk dan aturan yang berbeda. Dan ketidak tahuan kita akan sejarah permainan ini pun patut kita maklumi mengingat masih minimnya sumber yang mampu mengemukakan sejarah yang terklarifikasi mengenai tenis meja. Juga dengan banyaknya kesimpang siura teori dan asumsi mengenai sejarah dan asal muasal tenis meja ini pun masih agak kabur mengingat adalah hal yang hampir mustahil untuk bisa menggali informasi sejarah yang akurat yang terjadi 2 ribu tahun lalu. Namun begitu, ada satu teori mengenai sejarah tenis meja yang menurut para ahli paling mendekati kebenaran bila dibandingkan dengan teori sejarah lainnya. Dan berikut adalah penjelasan mengenai olahraga tenis meja menurut para ahli sejarah tersebut.

Manurut teori para ahli dan kesaksian banyak orang secara turun temurun, pada awalnya olahraga tenis meja diciptakan oleh para serdadu Inggris yang saat itu sedang bertugas di India. Mereka menciptakan permainan ini untuk mengusir kebosanan mereka saat bertugas. Karena permainan ini cukup seru maka banyak serdadu yang melakukannya. Bahkan lebih dari itu permainan ini terbawa ke negara asalnya saat para serdadu Inggris kembali lagi di Inggris. Di negara tersebut permainan baru ini juga cukup mendapat perhatian yang luas sehingga permainan ini tersebar luas di seantero negeri.

berita olahraga, sejarah, tenis meja, olahraga, gila raket

Tentu saja pada masa-masa itu kita tidak bisa berasumsi bahwa bola dan segala perlengkapan tenis meja sama dengan yang kita miliki sekarang karena pada awal terciptanya tenis meja semua peralatan yang digunakan adalah sangat sederhana. Serdadu-serdadu tersebut dulunya memakai tutup botol sampanye sebagai bolanya lalu mereka memakai buku sebagai raket tenis meja. Sebagai net tenis meja para serdadu menggunakan banyak buku. Buku-buku tersebut disusun secara berdiri memisahkan atara kedua pemain.

Dalam perkembangannya peralatan tenis meja juga berubah sehingga raket yang dulunya terbuat dari buku lalu berganti menjadi berbentuk raket dengan jaring-jaring ditenah untuk menangkap bola. Seiring dengan berjalannya waktu permainan ini kemudian berkembang menjadi lebih kompleks.

Ini juga didukung dengan perkembangan teknologi sehingga peralatan untuk tenis meja juga ikut berubah. Sejak ditemukannya plastik untuk bola dan ditemukannya karet untuk raket maka aturan baru ditetapkan. Ini penting mengingat dengan bahan yang baru maka pemain dapat melakukan banyak manuver yang sebelumnya diatur.

berita olahraga, sejarah, tenis meja, olahraga, gila raket

BACA JUGA:

Tips Khusus Mempersiapkan Bermain Tennis Meja

Tips Dan Trik bermain Tenis Meja

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>