Cabang Olahraga Yang Sudah Ditarik dari Ajang Olimpiade

olahraga olimpiade

Olimpiade menjadi ajang olahraga terbesar di dunia karena di situlah ada banyak sekali negara yang berpartisipasi dalam acara akbar tersebut. sebagai ajang olahraga bergengsi di dunia tentu saja ada banyak sekali cabang olahraga yang dipertandingkan dan diperlombakan dalam olimpiade. Akan tetapi sekalipun demikian tidak semua jenis dan cabang olahraga dapat dipertandingkan. Ada beberapa jenis dan cabang olahraga yang memang tidak dipertandingkan bahkan ada juga beberapa jenis olahraga yang dulunya diperlombakan lalu kemudian dihapus dari daftar cabang olahraga yang dilombakan di olimpiade. Berikut adalah beberapa jenis dan cabang olahraga yang dulunya diperlombakan tetapi sekarang tidak dilombakan lagi.

Renang Indah Solo

Memang renang indah solo dulunya diperlombakan di ajang internasional sekelas olimpiade akan tetapi sejak Olimpiade Barcelona pada tahun 1992 cabang olahraga ini dicoret sebagai dari daftar olahraga yang diperlombakan di Olimpiade. Cabang olahraga ini adalah gabungan antara renang dan balet bahkan Bill Mallon selaku mantan Presiden International Society of Olympic Historians mengatakan bahwa renang indah solo adalah olahraga sambil mengapung.

Jeu De Paume

Cabang olahraga ini dulunya sudah pernah masuk dan diperlombakan dalam ajang olimpiade dunia akan tetapi setelah tahun 1908 cabang olahraga ini sudah tidak dipertandingkan dalam olimpiade. Olahraga ini aslinya berasal dari Perancis dan alasan utama mengapa tak lagi diperlombakan dalam olimpiade adalah karena olahraga ini tidak dikenal luas di seluruh dunia karena hanya 20 lapangan di dunia ini yang dipakai untuk berlaga tapi itupun hanya ada di Perancis. Jeu de Paume sendiri adalah permainan yang mirip seperti cricket atau tenis.

olahraga, olimpiade, jenis olahraga, tug of war, panjat tali

Panjat Tali

Rupanya bukan hanya Jeu de Paulme yang satu-satunya jenis olahraga yang dicoret dalam daftar cabang olahraga karena perlombaan panjat tali juga sudah tidak lagi diperlombakan dalam event olimipade. Lomba ini tercatat sudah pernah dipertahankan di Olimpiade pada kurun waktu 1892 sampai dengan 1932. Alasan utama kenapa cabang olahraga ini dihapus adalah karena permainan ini hanya disukai oleh Amerika Serikat tetapi tidak banyak negara lain yang mengenalnya padahal cabang olahraga yang dipertandingkan dan diperlombakan di olimpiade seharusnya adalah cabang olahraga yang secara umum dikenal oleh masyarakat dunia secara luas.

Tug-of-War

Pertandingan ini apabila di Indonesia dikenal dengan nama tarik tambang. Olahraga tarik tambang ini sempat diperlombakan secara internasional di ajang olimpiade dari kurun waktu tahun 1900 sampai dengan 1920. Alasan dicoretnya tarik tambang dari daftar cabang olahraga olimpiade adalah karena jenis olahraga ini belum memiliki asosiasi atau badan perwakilannya di tingkat international. Padahal semua jenis olahraga wajib memiliki asosiasi di tingkat global supaya ada yang mewadahi dan mewakilinya di tingkat dunia.

olahraga, olimpiade, jenis olahraga, tug of war, panjat tali

BACA JUGA:

Walau Berbahaya, Olahraga Guling Keju Masih Diminati

5 Wahana Roller Coaster Paling Ekstrim Di Dunia

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>