Fakta Unik Tentang Olimpiade

medali emas

Olimpiade adalah ajang kompetisi olahraga dunia yang paling bergengsi, karena disinilah para atlet dari berbagai cabang olahraga di seluruh dunia akan berkumpul dan saling menguji ketangkasan, ketahanan fisik dan strategi permainan. Ada banyak sekali cabang olahraga yang dipertandingkan dan diperlombakan dalam event olahraga dunia tersebut. Dengan sejarahnya yang panjang maka bukannya tidak mungkin jika ajang Olimpiade masih menyimpan berbagai fakta unik dan menarik yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.

Medali Emas Olimpiade Tidak Sepenuhnya Terbuat Dari Emas!

Fakta pertama adalah tentang emas pada medali Olimpiade. Selama ini kita mengira bahwa medali emas yang diterima oleh atlet Olimpiade adalah terbuat dari emas murni, bukan? Hal ini mengingat usaha mereka yang tidak mudah untuk bisa mendapatkan medali tersebut. Sayangnya, faktanya tidak begitu. Belum tentu semua medali emas terbuat dari emas murni seluruhnya. Medali emas yang diberikan dalam lomba Olimpiade biasanya terbuat dan didominasi oleh logam lainnya yaitu perak. Emas pada medali Olimpiade hanya memiliki prosentase yang kecil ketimbang perak.

Memang untuk desain masing-masing negara memiliki hak untuk membuat desain medali Olimpiade akan tetapi aturan dasarnya adalah medali berukuran diameter 60mm dengan tebal 3mm. Baik medali emas ataupun perak harus sama-sama memiliki kandungan perak yang memiliki komposisi kandungan perak sekitar 92,5%. Tetapi khusus untuk medali emas harus memiliki kandungan emas seberat minimal 6 gram untuk masing-masing medali.

 olimpiade, berita olahraga, fakta olimpiade, medali emas

Seorang Atlet Kulit Hitam Pertama Kali Menang Adalah Tahun 1960

Olimpiade yang digelar pada tahun 1960 bisa jadi momentum yang sangat berharga bagi masyarakat dan atlet kulit hitam, karena pada tahun tersebut atlet kulit hitam untuk pertama kali bisa memenangkan kompetisi Olimpiade. Abebe Bikila adalah seorang pelari professional asal Ethiopia yang berhasil memenangi pertandingan marathon setelah berlari selama 12 jam. Itupun Abebe tidak berlari dengan sepatu karena sepatunya rusak. Abebe berlari dengan kaki telanjang karena memang terbiasa berlari tanpa alas kaki di hutan atau di daerah tinggi Ethiopia.

Atlet Termuda Olimpiade Berusia 10 Tahun

Fakta unik lainnya adalah Dimitrios Loundras menjadi atlet termuda yang pertama dan satu-satunya sekaligus yang terakhir di sejarah Olimpiade. Ini karena Dimitrios pertama kali mengikuti Olimpiade ini saat berusia 10 tahun dan memenangi medali perunggu. Setelah itu Olimpiade berikutnya menetapkan bahwa usia termuda untuk mengikuti Olimpiade adalah 16 tahun. Dengan perubahan aturan tersebut otomatis menjadikan Dimitrios sebagai satu-satunya atlet termuda sepanjang sejarah Olimpiade.

Arti Cincin Pada Logo Olimpiade

Tahukah anda bahwa 5 cincin berwarna-warni yang ada pada logo Olimpiade it sebenarnya memiliki makna loh.. Ke 5 cincin tersebut melambangkan 5 benua di seluruh dunia, yakni Asia, Africa, America, Eropa, dan Oceanea. Dan semua bendera negara-negara di dunia pasti mengandung unsur 5 warna tersebut, biru, kuning, hitam, hijau, dan merah.

olimpiade, berita olahraga, fakta olimpiade, medali emas

BACA JUGA:

ROSS BRAWN MENYATAKAN PENSIUN DARI FORMULA 1

Kisah Timnas U-19 Juga Akan Diangkat Ke Layar Lebar

ROSS BRAWN MENYATAKAN PENSIUN DARI FORMULA 1

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>