Goal Boaz Hasilkan Poin Perdana Timnas di Kualifikasi Piala Asia

Selang dua hari setelah bangsa Indonesia merasakan euforia kemenangan timnas U-19 yang berhasil menekuk Korea Selatan dan melanggeng mulus ke putaran final Piala Asia, kali ini giliran timnas senior yang beraksi. Meski sebelumnya telah dua kali kalah, masyarakat masih antusias menyaksikan pertandingan lanjutan laga kualifikasi Piala Asia 2015. Kali ini timnas berhadapan dengan Cina.

Pertandingan sepi karena hanya disaksikan sedikit penonton di tribun VIP. Tempo permainan berjalan lambat. Kedua tim kurang berinisiatif sehingga sepanjang lima menit pertama, hampir tak ada serangan yang dilancarkan kedua kubu.

Masyarakat Indonesia baru merasakan tegang ketika pada menit ke-7 tim tamu mendapatkan kesempatan emas. Umpan manis di sisi kiri langsung dieksekusi tapi tim tuan rumah masih beruntung karena bola hanyamelambung di atas mistar gawang yang dijaga I Made Wirawan.

Pada menit-menit selanjutnya, tim tuan rumah di bawah asuhan pelatih Jacksen F Tiago mendapat beberapa kesempatan untuk bermain di area pertahanan Cina. Sayangnya koordinasi antar pemain kurang baik sehingga gol tidak kunjung tercipta.

Pada menit ke-36 tim Cina mengubah keadaan. Terjadi kemelut di depan gawang Wirawan dan kondisi tersebut dimanfaatkan dengan sangat baik oleh Wu Xhi. Papan skor berubah menjadi 0-1 untuk Cina.

Perlawanan diberikan oleh timnas Indonesia karena tak ingin malu gagal lagi mendapat poin di lanjutan kualifikasi Piala Asia 2015 ini, tapi usaha tersebut belum menemui hasil. Sebaliknya, sebuah goal tercipta dari kaki Yu Dabao yang memanfaatkan bola rebound dari tendangan bebas. Namun, goal ini dianulir wasit karena Dabao dianggap telah berada pada posisi off side. Skor 0-1 bertahan sampai peluit ditiup wasit pertanda babak pertama berakhir.

5.timnas.4

Samakan Kedudukan

Usai kembali dari kamar ganti, pemain Cina langsung berinisiatif menyerang. Serangan terus dilancarkan ke gawang Indonesia. Kesempatan emas datang pada menit 61 tapi tendangan keras Fei Xiaoting tersebut masih menghantam mistar gawang Wirawan.

Tendangan first time Boaz Solossa pada menit ke-68 berhasil menyamakan kedudukan. Umpan dari Ahmad Bustomi tersebut dieksekusi dengan baik dan bersarang di gawang Zeng Chen. Selanjutnya, Indonesia berpeluang membalikkan kedudukan ketika Ruben Sanadi dan Boaz bekerja sama satu dua. Sayangnya, tendangan Ruben masih melayang di atas mistar gawang Cina.

Kesempatan emas terakhir Indonesia didapat ketika Greg Nwokolo menunjukkan aksi individunya. Ia berlari dari tengah lapangan dan melepas tendangan keras yang sebenarnya akurat. Sayang penjaga gawang Cina dapat menepis tendangan tersebut. Sampai pertandingan berakhir, tak ada gol lagi yang tercipta.

Pertandingan ini berakhir seri 1-1, membawa satu poin untuk Indonesia. Ini adalah poin pertama yang berhasil didapat Indonesia setelah bertanding tiga kali di kualifikasi Piala Asia 2015.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>