Lari Marathon Yang Unik Di Tokyo

Lari Marathon yang Unik di Tokyo

Pernah mendengar kata olahraga Marathon? Olahraga tersebut termasuk dalam jenis lari namun setiap pesertanya harus menempuh jarak yang luar biasa jauhnya. Namun tahu tidak, di belahan dunia yang lain terdapat sebuah jenis olahraga marathon yang terbilang unik atau berbeda seperti biasanya. Beberapa tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2012, ada sebuah ajang Marathon bertemakan Tokyo Marathon 2012. Banyak yang berpendapat bahwa pada ajang tersebut terlihat banyak perbedaan dengan olahraga lari marathon seperti biasanya. Letak keunikannya ialah bagi para peserta, lomba tersebut tidak hanya sebagai olahraga lari semata melainkan dianggap sebagai hiburan dan penyemangat bagi sesama. Padahal olahraga lari marathon membutuhkan stamina yang kuat karena jarak tempuhnya sangatlah jauh. Namun di ajang ini banyak orang menganggapnya sebagai hiburan semata, sungguh unik bukan?

Tidak hanya sebatas mencari hiburan semata, kostum yang digunakannya pun beraneka ragam. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, kostum peserta lari marathon pada umumnya seperti kaos oblong dengan tercantum nomer dada yang sangat besar dan juga celana pendek. Akan tetapi di olahraga Tokyo Marathon ini, para pesertanya memakai beraneka baju seperti mengikuti ajang festival. Baju-baju yang dipakai antara lain seperti tokoh para anime Jepang, Putri Salju, Peter Pan, Pokemon, Batman dan Spiderman. Unik kan?. Para peserta tetap harus berlari menempuh jarak yang sangat sangat jauh disamping itu cuaca yang juga tidak bersahabat. Akan tetapi para peserta tetap bersemangat untuk berlari sekuat mungkin sampai garis finish.

marathon tokyo, berita olahraga, olahraga unik

Alasan mengapa kota Tokyo menyelenggarakan event lari tersebut ialah hanya sebagai pertanda bahwa kota tersebut aman untuk dikunjungi oleh siapa saja. Hal tersebut terbukti ketika diantara para peserta lari Marathon merupakan sosok atlet-atlet lari terkenal dari luar negeri. Tidak hanya para pesertanya yang dari luar negeri, para wartawan yang meliput event tersebut pun datang dari berbagai Negara. Tokyo Marathon sudah dicanangkan akan selalu diadakan setiap tahunnya. Menurut informasi, ajang unik tersebut telah dimulai sejak tahun 2007 lalu. Pada awalnya, Tokyo sudah pernah mengadakan ajang lari marathon pada tahun 1981 silam bernama Tokyo-New York Friendship Marathon dan Tokyo Internasional Marathon namun sejak tahun 2007, namanya berubah menjadi Tokyo Marathon.

Start lomba Tokyo Marathon sendiri berangkat dari depan Kantor Pemda Tokyo yaitu di Shinjuku. Dan pihak penyelenggara menentukan letak finishnya di Tokyo Big Sight, Odaiba. Total jarak yang harus ditempuh oleh para peserta Tokyo Marathon ialah sejauh 42 Km. Selama berlari, para peserta akan dimanjakan dengan pemandangan indah kota Tokyo seperti Suidobashi, Tsukiji, Toyosu, Imperial Palace, Shinagawa dan Ariake di Odaiba. Dibalik itu semua, pihak Tokyo ingin agar ajang tersebut bisa mempererat tali persaudaraan dengan siapapun tanpa mengenal status atau yang lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi Anda yang sangat menyenangi berbagai macam olahraga unik didunia.

 marathon tokyo, berita olahraga, olahraga unik

BACA JUGA:

Ini Dia Olahraga Unik Dari Rembang Jawa Tengah

 3 Tempat Paling Seru Dan Penuh Tantangan Di Indonesia

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>