5 Jenis Olahraga Unik dan Aneh

4 5 Jenis Olahraga Unik dan Aneh 2

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang mempunyai banyak penggemarnya di seluruh belahan dunia. Hal ini dikarenakan olahraga dapat dilakukan secara massal dan juga individu. Selain itu, olahraga juga boleh dilakukan untuk menyabet prestasi maupun hanya sekedar untuk rekreasi.

Ternyata di dunia ini banyak olahraga yang dilakukan secara tidak wajar, sehingga banyak orang mengatainya aneh, dan beberapa lagi mungkin mengatakan unik. Seperti apa olahraga unik dan aneh itu? Berikut ini 5 jenisnya yang patut Anda simak.

1. Tinju Catur

Banyak yang mengatakan bahwa olahraga unik dan aneh ini adalah olahraga bagi para kutu buku. Hal ini dikarenakan olahraga ini dilakukan dengan cara menggabungkan antara tinju dan catur. Memang tinjunya dilakukan dua ronde dan masing-masing ronde dibatasi waktu dua menit. Kemudian, bagian caturnya adalah empat menit dilakukan setelah tinju.

Olahraga ini sudah ada organisasinya yang dinamakan World Chess Boxing Association. Motto-nya cukup unik, yang intinya adalah perkelahian diselesaikan di ring, akan tetapi peperangan dilakukan di atas papan.

2. Mindball

Olahraga unik dan aneh ini dimainkan oleh dua orang. Cara memainkannya adalah dengan mengontrol menggunakan gelombang otak. Jadi para pemain meskipun terlihat santai, mereka sebenarnya masih fokus untuk mengontrol pergerakan bola. Pada awalnya konsep ini dikembangkan pada tahun 2005 oleh Studio Brain, dan kemudian diproduksi oleh perusahaan bernama Swedia Productline.

3. Sepakbola Rawa

Olahraga ini sebenarnya merupakan aktivitas tentara dan berasal dari Bishop Auckland, Inggris bagian timur. Kejuaraan yang pertama diselenggarakan di Finlandia pada 1998 atas gagasan dari “The Swamp Baron” alias Jyrki Vaananen. Sekarang ini, ada sekitar 260 tim sepakbola rawa di seluruh dunia. Kejuaraan dunia yang diselenggarakan tahun 2005 lalu diikuti oleh sekitar 5000 pesepakbola.

4. Balap Kakus

Balapan ini cukup unik karena menggunakan kakus yang dipasang di papan ski. Di setiap kakus harus ada tempat duduk toilet beserta dispensernya serta kertas toilet. Pembawa acara pertama kali dalam olahraga ini adalah Greg “Big G” Yoder. Tuan rumah dari balap kakus setiap tahunnya adalah Mackinaw City.

5. Sepeda Gunung Roda Satu

Sepeda roda satu mungkin identik dengan sirkus. Akan tetapi ketika digunakan di medan terjal dan berbatu, ternyata sepeda roda satu ini menjadi olahraga menantang dan cukup memacu adrenalin. Para atletnya diharuskan untuk menaklukan medan terjal ini hanya menggunakan sepeda roda satu.

Tentu saja hal ini sangat sulit dilakukan. Menggunakan sepeda roda satu di medan biasa saja cukup sulit, apalagi jika dilakukan di medan berbatu-batu. Meskipun begitu, olahraga yang dianggap gila ini ternyata sudah mendapat porsi di tingkat nasional dan bahkan diberitakan oleh saluran FOX.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>