5 Mitos Seputar Olahraga Yang Ternyata Salah

tips olahraga

Olahraga rutin sangat dianjurkan bagi siapa saja untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Karena dengan berolahraga, akan membantu melatih otot dan jantung, serta membuang toksin-toksin dari tubuh dengan keringat. Semua itu bisa Anda capai jika Anda melakukan segalanya dengan benar. Namun tahukah Anda bahwa beberapa hal tentang olahraga yang sebelumnya kita anggap wajar dan benar ternyata adalah salah. Tidak hanya salah beberapa mitos tersebut jika dilakukan terus menerus malah dapat mengurangi manfaat dari olahraga itu sendiri. Mau tau mitos apa saja kah itu? Berikut ulasannya:

1. Makin Berkeringat Maka Makin Cepat Langsing

Jumlah keringat seseorang tidak mencerminkan lemak atau kalori yang terbakar. Bukannya semakin langsing, jika kita terlalu banyak berkeringat maka tubuh kita beresiko terkena dehidrasi. Tubuh akan terasa lemas dan darah akan mengalami pengentalan yang menyebabkan tekanan yang tinggi pada jantung dan pembuluh darah. Jika hal ini berlanjut terus menerus, mungkin saja menyebabkan hipertensi. Untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, pastikan Anda minum secara teratur.

2. Lemak Akan Luntur Dengan Tubuh Panas

Proses yang benar adalah pada saat kita berolahraga, tubuh memicu proses pembakaran yang menyebabkan panas. Namun suhu panas tersebut serta merta dipadamkan dengan cara tubuh mengeluarkan keringat. Proses pembakaran didalam tubuh lah yang menyebabkan lemak berkurang, bukan tingginya suhu. Jadi, saat Anda ke sauna atau mandi uap, itu tidak ada hubungannya dengan membakar lemak. Sauna hanya memancing tubuh Anda untuk berkeringat dan mungkin untuk membuang toksin di kulit melalui keringat.

 tips olahraga, berita olahraga, mitos, sit up

3. Jika Jarang Olahraga, Maka Otot Akan Menjadi Lemak

Perlu Anda tahu, otot dan lemak adalah sesuatu yang berbeda. Bagaimanapun caranya, otot tidak akan bisa berubah menjadi lemak, begitu pula sebaliknya. Saat berolahraga, lemak akan berkurang karena terbakar sedangkan otot akan bertambah besar karena beban yang ia terima.

2. Perut Yang Rata Dan Atletis Dengan Sit Up

Tidak selalu benar. Posisi sit up sangat efektif dalam melatih otot perut, namun bukan berarti hal ini juga dapat mengurangi timbunan lemak di perut Anda secara cepat. Yang pasti, jika Anda melakukan sit up secara teratur, maka otot perut Anda akan semakin besar. Dan untuk membuat perut rata, Anda harus melakukan olahraga secara menyeluruh dan selalu lebih aktif bergerak.

1. Olahraga Malam Sangat Berbahaya

Satu lagi mitos salah. Kelembaban udara malam tidak akan berpengaruh apa-apa terhadap paru-paru Anda. Malah, olahraga malam sangat dianjurkan bagi mereka yang tinggal di area bersuhu panas, karena udara malam yang sejuk dapat membantu menjaga suhu tubuh tetap normal dan aman. Namun jika berolahraga siang hari saat udara sangat panas justru dapat menyebabkan tubuh cepat dehidrasi dan pingsan.

 tips olahraga, berita olahraga, mitos, sit up

BACA JUGA:

Tips Olahraga Untuk Otak Anda Di Rumah

Tips Memilih Jenis Olahraga Yang Tepat Bagi Wanita

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>