7 Olahraga Unik yang Akhirnya Dihapuskan di Olimpiade

3. 7 Olahraga Unik yang Akhirnya Dihapuskan di Olimpiade2

Sangat  menarik mengingat hal-hal unik yang terjadi dengan sejarah ajang Olimpiade. Ternyata sepanjang perjalanan Olimpiade, telah  tercatat 7 cabang olahraga yang akhirnya dihapuskan dari daftar pertandingan Olympiade. Alasannya pun beragam dan unik unik. Namun hamper semua cabang olahraga yang dihapus ini itu dianggap ‘aneh’. Ingin tahu apa saja cabang olahraga itu? Ini dia daftarnya:

1. Cabang Menahan napas di dalam air

Cabang olahraga tersebut dipertandingkan di Olimpiade St. Louis tahun 1904. Olahraga ini akhirnya dihapuskan karena dinilai lebih mirip permainan anak-anak dibandingkan sebuah cabang olahraga profesional sekelas ajang Olimpiade.

2. Cabang Menembak merpati hidup

Sejak pertama kali Olimpiade diadakan pada 1896, cabang olahraga menembak telah ada dan dilombakan. Tetapi, di tahun 1900 tepatnya di Olimpiade Paris, mulailah diperkenalkan cabang menembak merpati hidup. Aturan mainnya adalah atlit harus membidik lalu menembak target bergerak yaitu merpati yang telah dilepaskan. Akibatnya, 300 ekor merpati pun mati sia sia dan cabang ini akhirnya dihapuskan.

3. Cabang Tarik tambang

Jenis lomba yang masih sering diadakan di Indonesia pada moment moment tertentu seperti hari kemerdekaan 17 Agustus ini ternyata juga sempat menjadi salah satu cabang olahraga Olimpiade Paris tahun 1900. Setelah itu pun, cabang tarik tambang ini masih terus diperlombakan hingga tahun 1920 di Olimpiade Antwerpen. Selama pertandingan ini berlangsung, hanya tim Inggris selalu berhasil menjadi pemenangnya.

4. Cabang Panjat tali

Cabang panjat tali ini sempat juga menjadi salah satu cabang pesta olahraga dunia  olimpiade. Olah raga ini sebenarnya  sudah ada sejak tahun 1896 di Olimpiade modern yang pertama kali diadakan di Athena. Catatan yang paling mengesankan di cabang ini adalah di saat atlit Amerika Serikat bernama George Eyser yang berhasil meraih emas. Yang mengesankan adalah dia mengalahkan semua pesaingnya walaupun dia hanya memiliki kaki kayu di tahun 1932 pada Olimpiade Los Angeles.

5. Cabang Croquet

Jenis cabang olahraga yang satu ini memang hampir tak dikenali oleh siapapun. Olahraga ini permainannya Mirip dengan golf, namun bedanya bola harus memasuki gawang. Olahraga ini dilombakan pertama kali pada 1900 di Olimpiade Paris. Dan uniknya cuma Prancis saja yang mengirimkan timnya di cabang olahraga ini. Dan hanya ditonton oleh segelintir orang. Dan akhirnya diputuskan untuk menghapuskan cabang ini dengan alasan”hampir tidak ada pretensi untuk atletis.”

6. Cabang Duel pistol

cabang yang satu ini bukanlah duel saling menembak layaknya di film koboi. Namun atlit cuma diminta untuk menembak suatu objek dari jarak sejauh 20 atau 30 meter. Cabang ini dimulai tahun 1906 di Olimpiade Athena. Meskipun telah dihapus, namun survey sebelum Olimpiade Sydney tahun 2000 menghasilkan result 32% responden yang menginginkan cabang ini dihidupkan lagi di Olimpiade Musim Panas.

7. Cabang Lompat jauh kuda

Cabang ini dilombakan di Olimpiade Paris 1900. Namun dihapuskan karena alasan yang tidak diketahui.

3. 7 Olahraga Unik yang Akhirnya Dihapuskan di Olimpiade1

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>