7 Tips Mengurangi Resiko Cedera Saat Olahraga

Woman Drinking Glass of Water

Apa Anda mengalami masalah berat badan? Bila ya, maka olahraga merupakan solusi yang bisa Anda pakai. Akan tetapi, Anda tidak bisa melakukan olahraga begitu saja. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, agar Anda tidak cedera.

1. Pemanasan

Lakukan pemanasan sebelum Anda berolahraga. Waktu pemanasan sebaiknya selama 5 sampai 10 menit. Dengan demikian, aliran darah Anda akan menjadi lebih lancar, temperatur otot naik dan Anda bisa bernafas dengan cepat. Hal ini penting untuk mengurangi resiko cedera.

2. Perkembangan Intesitas Olahraga

Untuk mendapatakan hasil yang terbaik, Anda bisa meningkatkan intesitas olahraga. Tapi, sebelumnya, Anda harus mengetahui kondisi tubuh Anda dan tingkatkan intensitas secara bertahap. Peningkatan intesitas ini disarankan hanya 10 sampai 15 persen setiap minggunya.

3. Sindrom Akhir Pekan

Seringkali kita tidak mempunyai waktu yang cukup untuk berolahraga setiap hari. Dan saat akhir pekan dimana kita mempunyai waktu banyak, kita melakukan olahraga yang lebih berat dan keras, serta intensitas yang lebih tinggi. Hal ini tidak baik karena bisa menimbulkan cedera.

Akan lebih baik bila Anda melakukan olahraga dengan intensitas sedang secara rutin, tiap hari. Dengan demikian, Anda bisa mengurangi resiko cedera dan mendapatkan hasil yang lebih baik.

4. Olahraga Berlebihan

Banyak orang berolahraga dengan sangat keras demi untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Hal ini tidak baik karena dapat mengakibatkan cedera.

Sebaiknya, Anda mengetahui batas kemampuan tubuh anda. Bila Anda merasakan pusing, dada nyeri atau persendian Anda terasa sakit, maka segera berhenti dan beristirahat. Bila diteruskan, akan sangat berbahaya.

5.  Berolahraga saat Sakit

Karena Anda ingin mematuhi jadwal olahraga anda, maka meskipun Anda sakit, Anda tetap berolahraga. Hal ini juga tidak baik. Jangan berolahraga saat badan Anda sakit atau Anda merasa tidak fit. Setelah sembuh, Anda bisa mulai berolahraga lagi, tapi lakukan perlahan dan bertahap.

6. Air

Air adalah hal penting disini. Minum air yang cukup agar Anda tidak dehidrasi saat berolahraga.

7. Pakaian Olahraga

Pakaian dari bahan yang bisa menyerap keringat dan longgar menjadi pilihan utama. Untuk wanita, ada bra khusus untuk olahraga yang bisa Anda pakai.

8. Personal Trainer

Tidak ada salahnya menyewa seorang instruktur olahraga. Dengan bantuan mereka, Anda bisa lebih nyaman, aman dan efektif dalam berolahraga.

9. Istirahat

Istirahatkan otot Anda setelah melakukan olahraga keras. Lakukan peregangan setelah olahraga untuk mengurangi resiko cedera.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>